Cara Membuat Suara Google di CapCut

  • 4 min read
  • Aug 17, 2022

Suara Google sebagai voice-over untuk konten video dirasa lebih baik bagi sebagian orang. Cara membuat suara Google di CapCut yang digunakan untuk mengedit video sama seperti pada aplikasi edit video lainnya.

Untuk itu, teks voice-over dibuat sendiri oleh editor video untuk nantinya dimasukkan ke konten yang diinginkan.  

Dengan video tersebut, pengguna bisa semakin eksis untuk membagikan video di situs berbagi video seperti Instagram, TikTok, maupun YouTube.

Suara dari Google juga dapat memudahkan pengguna untuk rajin unggah video dan meningkatkan interaksi dengan penonton.

Cara Membuat Suara Google Dengan Aplikasi Cupcat

Hal ini yang membuat persaingan perebut atensi warganet menjadi sangat tinggi. Walaupun demikian, teruslah berkarya agar suasana positif dunia maya lebih besar daripada gelombang negatifnya.

Terdapat 2 cara membuat suara Google di Capcut yang bisa dilakukan. Silakan gunakan cara yang dirasa terjangkau di antara dua jenis langkah dibawah.

Apa Itu Aplikasi Capcut?

Keunggulan capcut dari aplikasi edit video lainnya adalah fitur motion graphic pada konten yang dihasilkan. Aplikasi dengan ukuran 89MB ini sudah diunduh oleh seratus juta lebih oleh pengguna android.

Tampilan yang simpel dan fitur yang lengkap menjadi alasan utama CapCut untuk diandalkan para pemasang aplikasi.

Dengan ukuran yang ringan dan kinerja yang cepat, banyak pengguna yang rajin mengedit video dari aplikasi CapCut. Aplikasi ini meraih rating 4.2 bintang menurut pengguna Google Play Store.

Ditambah stiker tertentu, juga tulisan yang bisa diberikan efek dramatis bisa diterapkan pada video melalui CapCut.

Suara asli pada video, dapat dihapus atau dijadikan tidak terdengar agar tidak mengacaukan efek suara dengan suara lain.

Namun, jika pengguna sudah nyaman dengan suara sendiri tanpa bantuan efek tersebut, video akan menjadi lebih natural. Itulah kelebihan Capcut.

Di antara fitur utama yang bisa diakses, seperti memotong video, mengubah kecepatan, menjadikan alur video terbalik, dan masih banyak lagi.

Salah satu keunggulan lainnya adalah fitur voice-over dan penambahan efek pada audio. Fitur ini yang dapat menjadi cara membuat suara Google di CapCut.

Kelebihan Adanya Voice Over

Kelebihan Voice-over dalam sebuah video akan lebih mempermudah pemahaman penonton terhadap konten yang disajikan.

Terlebih untuk video-video singkat seperti di TikTok, aplikasi CapCut menyediakan fitur unggah langsung di TikTok. Ketika membuat akun, pengguna juga bisa langsung masuk memakai akun TikTok yang dimiliki pengguna.

Dengan kemudahan memberi efek suara dibawah pengguna bisa lebih produktif menyebarkan video-video singkat. Di antara video yang cocok diberikan voice-over adalah konten masak, make-up, mukbang, atau tips dan trik menggunakan aplikasi tertentu.

Selain itu, bisa digunakan sebagai konten edukasi untuk mengerjakan soal dan Home Tour.

Tema untuk membuat konten memang sangat luas tergantung kreativitas pengguna. Video tertentu bisa saja menjadi viral jika semakin berkaitan erat dengan kehidupan nyata. Walaupun menjadi konten kreator sangat menyenangkan, tetap ingat untuk menjadikan kewajiban dunia nyata sebagai prioritas.

Cara Membuat Suara Google di CapCut

Voice-over dalam aplikasi CapCut sudah siap digunakan. Selain itu, ada beberapa efek audio untuk mendapatkan nada suara yang sama seperti Suara Google.

Untuk membuat video semakin menarik, dapat juga diberi efek lain pada video yang tersedia di CapCut. Suara dari Google ataupun pengguna akan menentukan bagaimana video dapat diterima.

Selengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Seperti biasa, buka aplikasi CapCut dan pilih “New Project”.
  • Tambahkan video yang akan diedit audionya. Pengguna juga bisa menambahkan editan video yang diinginkan agar alur audio yang akan disandingkan sesuai dengan tayangan yang disajikan.
  • Setelah selesai mengedit video, pilih “Add Audio” kemudian tekan “Voice-Over”.
  • Lalu, klik “Record” untuk memulai perekaman suara yang diinginkan.
  • Setelah selesai merekam, pilih “Voice Effect” untuk mengatur efek suara yang dihasilkan. Efek tersebut ada lima, yaitu Deep, Chipmunk, High, Low, atau Distorted.
  • Efek suara bisa disesuaikan pada kata yang ingin diberikan penekanan tertentu. Dengan begitu, pengguna bisa mengatur sendiri efek suara google untuk suara voice-over dari rekaman yang dihasilkan.
  • Tonton video terlebih dahulu sebelum diunggah ke sosial media pengguna. Hal ini berguna untuk mengecek video secara keseluruhan. Setelah selesai, klik tanda centang, kemudian pilih lokasi penyimpanan atau langsung unggah ke dunia maya.

Seperti itulah langkah yang bisa dilakukan untuk membuat suara Google di Capcut. Setelah diunduh, pengguna dapat menambah audio di video yang diedit kemudian memberikan efek suara di CapCut. Selain itu, pesan yang disampaikan juga lebih mengena kepada penontonnya. 

Dengan demikian, penonton dapat merasakan konten kreator yang benar-benar serius memberi edukasi atau hanya bersenang-senang demi uang di internet. Maka dari itu, teruslah berlatih menjadi konten kreator yang mempedulikan penontonnya.

Menggunakan voice-over dari Google tidak selamanya baik. Sebagai konten kreator, tidak ada salahnya untuk belajar mengatur intonasi berbicara dan menulis pesan yang akan disampaikan. 

Membuat Suara Google Dari Situs Voice-Over

Untuk pengguna yang benar-benar terkendala atau tidak percaya diri, bisa juga memakai situs dari Google terkait voice-over. Pengguna cukup menyalin teks untuk dibaca oleh suara dari Google. Oleh karena itu, sebelum mengubah tulisan menjadi audio, buatlah tulisan yang baik dan mudah dipahami.

Perhatikan juga tanda baca agar audio dapat terdengar lebih natural. Hal ini penting dilakukan agar pemahaman penonton semakin baik dalam menyimak penyampaian dari konten kreator.

Selengkapnya, dapat dilakukan langkah berikut ini:

  • Situs yang dapat dikunjungi adalah soundoftext.com yang bisa dibuka dari browser di komputer maupun Android.
  • Selanjutnya, masukkan teks yang akan dibacakan pada kolom yang disediakan.
  • Pilih bahasa yang diinginkan sesuai bahasa pada teks yang di kolom. Bahasa yang tersedia ada dari berbagai negara dan dapat membaca tulisan latin dengan translasi yang tepat.
  • Setelah selesai, pilih “Submit”. Lama pembacaan tergantung panjang teks dan kualitas internet yang ada.
  • Di bawahnya akan muncul riwayat pembacaan teks yang diberikan suara Google. Pada teks yang sudah disuarakan, pengguna bisa memilih untuk memutar suara sebelum mengunduh dan menyimpannya.
  • Audio yang sudah diunduh tersebut diberikan judul agar mudah dimasukkan di CapCut.
  • Selanjutnya, buka aplikasi CapCut dan pilih “New Project” untuk mengedit Video yang akan ditambahkan suara Google.
  • Video tersebut dapat dihilangkan dulu suara aslinya agar tidak berbenturan dengan audio yang akan ditambah.
  • Lalu, klik “Add Audio” dan tambahkan suara yang sudah diunduh dari situs sebelumnya.
  • Sesuaikan audio dengan video yang ditayangkan dan tonton terlebih dahulu sebelum diunggah ke internet.
  • Terakhir, simpan video dengan mengklik tanda centang.

Itulah cara membuat suara dari situs voice-over yang langsung dibacakan oleh Google. Dengan situs ini, pengguna bisa menulis apa saja yang dapat dibaca oleh Google. 

Baca Juga: Aplikasi Download Video Youtube Terbaik di Android

Demikian penjelasan mengenai cara membuat suara Google di CapCut. Hal ini dikarenakan suara Google hanyalah robot yang diprogram untuk membaca tanpa intonasi yang sesuai dengan isi pesan yang disampaikan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.