Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

  • 5 min read
  • May 10, 2021

Hardisk ialah salah satu komponen atau perangkat keras internal yang sangat penting pada sebuah komputer dan laptop. Hardisk ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data pengguna, aplikasi dan sistem operasi.

Hardisk bisa dibilang komponen yang cukup rawan dalam mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang cukup berbahaya adalah bad sector.

Bad sector pada hardisk dapat menyebabkan hilangnya data-data yang Anda miliki. Tetapi, Anda tidak perlu panik dikarenakan ada banyak cara memperbaiki hardisk bad sector pada komputer maupun laptop.

Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

Bad sector adalah suatu istilah yang biasa dipakai ketika ada separuh dalam hard disk yang mengalami kerusakan atau pun masalah. Sektor yang rusak ini tidak akan melayani permintaan read (membaca) dan write (menulis) dari komputer atau laptop Anda.

Masalah dari bad sector ini dapat terjadi pada hardisk yang berjenis magnetis maupun pada jenis SSD (Solid State Drives).

Berdasarkan ulasan yang dikutip dari Thelastsurvivors mengenai cara memperbaiki hard disk yang memiliki bad sector, kali ini sudah kami rangkum beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bad sector pada hard disk berikut ini.

Berikut 7 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Simak beberapa cara memperbaiki bad sector tanpa menghilangkan data.

1. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Hiren

Cara memperbaiki bad sector tanpa menghilangkan data yang pertama bisa menggunakan hiren. Hiren adalah pengelola partisi atau hardisk yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki error bad sector dengan hard disk tools yang dimiliki.

Berikut langkah-langkah memakai Hiren untuk memperbaiki bad sector.

  1. Pertama-tama Download Hiren’s BootCD
  2. Setelah di download, buka program Hiren’s BootCD
  3. Kemudian pilih menu Dos BootCD
  4. Setelah itu, pilih menu Hard Disk Tool
  5. Pilih menu HDD Regenerator
  6. Jika muncul pop-up notifikasi konfirmasi, klik Yes
  7. Selanjutnya, Anda akan di beri perintah untuk memilih partisi hard disk yang ingin diperbaiki
  8. Setelah Anda memilih partisi hardisk, pilih perintah scan and repair dengan mengetik angka 1 kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.
  9. Anda tunggu sampai proses repair selesai
  10. Setelah perbaikan selesai, selanjutnya klik 4 dan tekan Enter untuk membersihkan sisa dari hasil perbaikan yang telah dilakukan tadi.

2. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Easeus

Selanjutnya cara untuk memperbaiki masalah pada bad sector, Anda bisa menggunakan software yang bernama EaseUS Partition Master. Easeus ini sebenarnya ialah software yang berfungsi untuk mengelola partisi hardisk pada komputer saja. Tetapi, Easeus ini memiliki fitur yang dapat mengscan bad sector. Berikut selengkapnya cara memperbaiki bad sector dengan Easeus.

  1. Pertama Download terlebih dahulu Easeus Partition Master kemudian Anda Install.
  2. Selanjutnya, klik kanan pada partisi hardisk yang ingin diperiksa dan pilih Surface test
  3. Easeus Partition Master akan langsung mulai bekerja dan setelah itu, menampilkan hasil test bad sector. Apabila disitu terdapat bad sector maka akan berwarna merah.
  4. Nah, terakhir Anda bisa mengetahui seberapa banyak bad sector yang ada di hardisk yang dimiliki. Anda pun bisa langsung memperbaikinya.

3. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan CMD

Cara memperbaiki hardisk bad sector yang ketiga bisa dilakukan dengan memakai Command Prompt atau biasa disebut dengan CMD. Anda bisa memanfaatkan fitur yang bernama “Error Checking” yang terdapat di dalam CMD ini. Dengan ini Anda bisa merepair hardisk yang terkena masalah bad sector. Simak berikut caranya.

  1. Mula-mula cari CMD pada kotak pencarian dan klik kanan pada software CMD, kemudian klik Run as Administrator.
  2. Ketik perintah chkdsk /f D:
  3. Chkdsk ini mempunyai fungsi sebagai perintah untuk mengecek hardisk. /f ini ialah perintah untuk membetulkan bad sector. Kemudian untuk D: adalah partisi hardisk yang ingin dicek dan di repair jika ada error bad sector.
  4. Kemudian setelah mengetik itu, ketik Enter.
  5. Laporan pengecekan dan perbaikan pada bad sector akan muncul.
  6. Setelah partisi D sudah selesai di cek, selanjutnya Anda bisa melanjutkan untuk mengecek pada partisi C.
  7. Ketik chkdsk /f C: dan kemudian tekan Enter.
  8. Nanti akan muncul notifikasi pemberitahuan bahwa proses pengecekan sudah tidak dapat dilakukan sekarang karena partisi sedang digunakan oleh sistem. Tekan Y pada keyboard kemudian tekan Enter untuk konfirmasi.
  9. Setelah itu restart komputer Anda.
  10. Saat booting proses pengecekan dimulai. Jika ada error bad sector maka sistem akan secara otomatis melakukan perbaikan.
  11. Setelah selesai Anda bisa mengecek kembali, apakah masih terjadi bad sector atau tidak. Apabila masih berarti hardisk Anda yang mungkin sudah sakit parah sekali.

4. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan HDD Regenerator

Cara memperbaiki hardisk bad sector yang keempat, Anda bisa menggunakan HDD Regenerator. HDD Regenator ini biasa disingkat dengan HDDR merupakan suatu software yang dapat membetulkan hardisk yang error dengan masalah bad sector.

Software ini memiliki kemampuan untuk perbaikan dan pemulihan pada sektor hardisk yang terkena masalah agar dapat berfungsi kembali. Pada HDD Regenerator ini cukup kompatibel untuk semua merk dan tipe pada hardisk.

Berikut langkah-langkah dalam menggunakan HDD Regenerator untuk memperbaiki masalah bad sector.

  1. Mula-mula Anda Download dan Install HDD Regenator di komputer atau laptop.
  2. Selanjutnya buka aplikasi HDD Regenerator-nya.
  3. Nanti akan muncul 2 rekomendasi menu yaitu Bootable USB Flash dan Bootable CD/DVD. Anda dapat memakai metode bootable untuk memperbaiki bad sector, sayangnya Anda memerlukan perangkat penyimpanan tambahan atau drive lain. Anda pun bisa melakukan tanpa drive tambahan dengan mengklikClick here to repair physical bad sectors on damaged drive surface directly under Windows“.
  4. Kemudian Anda pilih partisi hardisk yang ingin di scan dan diperbaiki.
  5. Selanjutnya klik Start Process.
  6. Nanti jendela CMD akan muncul dan ada opsi yang ditampilkan. Anda ketik 2 untuk melakukan scanning dan perbaikan, kemudian tekan Enter.
  7. Proses Pengecekan dan perbaikan dimulai.
  8. Tunggu hingga prosesnya selesai.

5. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Sentinel

Nah, cara berikutnya Anda bisa menggunakan software Hardisk Sentinel. Berikut cara memperbaiki hardisk bad sector dengan sentinel.

  1. Download dan Install hardisk sentinel.
  2. Buka hardisk sentinel dengan klik kanan pada mouse, kemudian Anda cek kesehatan hardisk-nya.
  3. Lalu klik tab S.M.A.R.T.
  4. Kemudian klik kanan dan centang ‘decimal data fields‘.
  5. Selanjutnya Anda klik yang ada tanda seru, selanjutnya klik angka 0 dua kali.
  6. Muncul dialog, lalu klik OK.
  7. Nanti muncul kotak, Anda isikan angka dengan jumlah yang sama dengan angka di kirinya, tetapi bedanya Anda harus menambahkan minus (-) di awal. selanjutnya klik OK.
  8. Hasil dari kesehatan akan meningkat.
  9. Kemudian Anda bisa mengulangi cara-cara diatas pada sektor-sektor yang bertanda seru.

6. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan DLC Boot

Cara untuk memperbaiki hardisk yang bad sector selanjutnya bisa memakai software DLC Boot. DLC Boot merupakan software yang memiliki banyak fungsi diantaranya berguna untuk backup data, scan & repair bad sector pada harddisk dan masih banyak lagi.

Berikut cara memperbaiki hardisk bad sector dengan DLC Boot.

  1. Download dan Install software DLC Boot
  2. Siapkan software Mount / Extrack (Ultra Iso atau Winrar)
  3. Pilih ” Disk Partition Tools
  4. Pilih “Hdd Tune Pro”
  5. Pilih Tab “Error”
  6. Start dan tunggu hasilnya
  7. Selesai

Apabila Harddisk yang mengalami Bad sector cukup parah biasanya tidak bisa diperbaiki meskipun menggunakan software apapun, karena kemungkinan besar yang rusak adalah pada fisiknya.

7. Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Cepat

Cara terakhir untuk memperbaiki hardisk yang bunyi dan bad sector dengan cepat Anda dapat menggunakan fitur bawaan windows.

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang memakai CMD tadi. Hanya saja bedanya Anda tidak perlu menggunakan aplikasi CMD dan repot-repot untuk mengetik perintah secara manual, Cukup dengan melakukan beberapa klik saja.

Fitur ini bernama Dish Check atau yang ada pada software CMD disebut dengan chkdsk. Fitur ini dapat melakukan pengecekan dan pemeriksaan partisi hardisk apakah terjadi bad sector atau enggak.

Sebenarnya fitur pengecekan ini dapat dijalankan otomatis oleh windows jika hardisk Anda mengalami trouble atau masalah. Tetapi Anda pun dapat menjalankannya secara manual dengan cara-cara berikut ini.

  1. Mula-mula cari Windows Explorer pada jendela pencarian dan klik kanan.
  2. Setelah itu, klik kanan pada partisi yang akan diperiksa. Kemudian pilih Properties.
  3. Selanjutnya Anda pilih tab Tools dan klik Check.
  4. Setelah itu klik Start untuk memulai pengecekan.
  5. Jika memang tidak terdeteksi adanya masalah, maka notifikasi akan bertuliskan seperti ini. Windows successfully scanned the drive. No errors were found.

Lama dari waktu proses perbaikan dan pengecekan hardisk yang mengalami masalah bad sector ini dari ukuran kapasitas hardisk yang diperiksa. Semakin besar maka semakin banyak file yang ada pada hardisk, maka akan semakin lama juga untuk memproses-nya.

Masalah bad sector ini memang paling sering ditemui dan tidak menutup kemungkinan akan menimpa Anda juga. Tetapi Anda dapat mencegahnya dengan cara-cara yang sudah diberikan di atas.

Baca juga : Cara Merawat Flashdisk yang Tidak Terbaca

Jika memang sudah terlanjur mengalami bad sector, Anda bisa langsung melakukan cara-cara yang sudah dijelaskan tadi. Nah, dari 7 daftar cara memperbaiki hardisk bad sector diatas, mana nih yang akan Anda lakukan terlebih dahulu apabila terjadi masalah hardisk bad sector? Atau mungkin kira-kira mana yang mau dicoba terlebih dahulu?

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *