4 Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di HP Android

  • 4 min read
  • Feb 16, 2022

Sebagian besar memori Hp biasanya dipenuhi oleh aplikasi Hp. Karena memori aplikasi Hp biasanya terdiri data dan cache penggunaan aplikasi.

Tapi ada beberapa aplikasi yang sulit untuk dihapus. Sehingga masih banyak yang ingin mengetahui cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus.

Umumnya yang tidak bisa dihapus merupakan aplikasi bawaan Hp. Berbeda dengan aplikasi yang diunduh pada Google Play Store, aplikasi bawaan biasanya sudah terunduh secara otomatis.

Cara Menghapus Aplikas Yang Susah Dihapus Di Hp Android

Dan umumnya aplikasi yang tidak bisa dihapus ini jarang digunakan oleh banyak pengguna. Untuk itu gunakan saja 4 cara di bawah ini untuk menghapus aplikasi:

Cara Menghapus Aplikasi Dengan Pengaturan Hp

Semua aplikasi yang terunduh bisa dilihat pada pengaturan Hp. Oleh karena itu cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus yang pertama ialah melalui pengaturan.

Tapi cara yang satu ini tidak menghapus total aplikasi tersebut. Cara ini bisa dibilang membantu untuk menonaktifkan aplikasi dan mengosongkan memori Hp. Berikut adalah caranya:

1. Hapus Memori Aplikasi

Langkah pertama adalah dengan menghapus memori aplikasi tersebut yang berupa data dan cache. Data dan cache ini biasanya merupakan history penggunaan dari aplikasi. Dengan menghapus data dan cache ini sudah cukup membantu untuk mengosongkan memori.

Caranya adalah buka pengaturan Hp dan pilih storage. Lalu pilih aplikasi dan pilihlah salah satu aplikasi yang ingin dihapus. Klik storage dan pilih hapus cache dan hapus data.

Ulangi hal yang sama pada beberapa aplikasi lainnya. Jika ingin membersihkan memori pada aplikasi yang masih digunakan, cukup hapus cache saja.

2. Uninstall Aplikasi

Setelah membersihkan memori aplikasi tersebut, selanjutnya uninstall aplikasi. Dengan melakukan uninstall aplikasi pada aplikasi yang tidak bisa dihapus bisa menghentikan update otomatis aplikasi.

Karena di beberapa Hp tertentu sudah ada pengaturan update aplikasi secara otomatis. Hal ini tentu cukup memenuhi memori Hp dan memakan data internet. 

Cara uninstall aplikasinya sama seperti uninstall pada umumnya. Pertama buka pengaturan Hp dan pilih storage. Kemudian pilih lalu klik uninstall.

Setelah klik uninstall, biasanya aplikasi tidak terhapus secara permanen. Aplikasi akan tetap tersedia di Hp tapi tidak akan update lagi.

3. Nonaktifkan Aplikasi

Setelah menghapus memori aplikasi dan juga uninstall aplikasi untuk menghentikan update, langkah selanjutnya adalah nonaktifkan aplikasi. Karena hp yang tidak bisa dihapus ini biasanya jarang digunakan dan tidak bisa dihapus permanen, maka cukup dinonaktifkan.

Caranya buka pengaturan Hp dan pilih storage. Setelah itu pilih aplikasi yang ingin dihapus. Kemudian pilih disable atau force stop untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.

Cara Menghapus Aplikasi Dengan Pengaturan Device Administration

Bukan hanya aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus dengan mudah, tapi beberapa aplikasi yang diunduh melalui Google Play Store terkadang juga tidak bisa dihapus. Hal ini disebabkan karena adanya fitur device administration.

Saat menambahkan aplikasi baru, terkadang pengguna harus memberikan izin akses pada aplikasi. Beberapa aplikasi membutuhkan izin akses seluruh perangkat, termasuk dengan keamanan aplikasi.

Hal inilah yang disebut dengan device administration yang merupakan fitur memberikan akses pada aplikasi.

Jadi caranya adalah mengatur ulang pengaturan pada device administration. Karena jika aplikasi yang ditetapkan sebagai device administration biasanya tidak bisa di uninstall.

Jadi pertama-tama pengguna harus menonaktifkan device administration pada aplikasi. Untuk menonaktifkan dan menghapusnya, ikuti langkah di bawah ini:

  • Buka pengaturan Hp.
  • Pilih menu security and privacy.
  • Cari menu device administration, jika tidak ketemu pilih other security setting dan cari device administration atau device admin apps.
  • Nonaktifkan device administration yang terhubung pada aplikasi yang ingin dihapus.
  • Setelah itu kembali ke pengaturan Hp dan buka aplikasi.
  • Pilihlah aplikasi.
  • Tekan menu uninstall apps.

Cara Menghapus Aplikasi Dengan Aplikasi Tambahan

Karena permasalahan aplikasi yang tidak bisa dihapus ini sering dijumpai banyak pengguna, maka ada beberapa orang yang mulai menciptakan aplikasi tambahan.

Aplikasi tambahan ini bisa digunakan sebagai cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. Salah satu pilihan aplikasinya adalah Easy Uninstaller App Uninstall yang tersedia di Android.

Banyak fitur yang bisa digunakan pada aplikasi ini. Beberapa diantaranya adalah menghapus aplikasi, tracking penggunaan baterai, tracking penggunaan aplikasi, fast uninstall, melihat informasi aplikasi dan lainnya.

Jadi aplikasi ini akan membantu untuk menghilangkan aplikasi secara paksa agar bisa dihapus pada Hp.

Cara ini tentu cukup mudah dilakukan karena pengguna hanya butuh mengunduh aplikasinya. Langkah menggunakan aplikasinya adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan jalankan aplikasi Easy Uninstaller App Uninstall melalui Google Play Store.
  • Klik start using now untuk memberikan izin penggunaan aplikasi.
  • Akan muncul list aplikasi yang tersedia di Hp.
  • Pilihlah aplikasi yang ingin dihapus dengan menandai beberapa aplikasi secara sekaligus.
  • Jika sudah selesai memilih, klik uninstall.
  • Konfirmasi uninstal.
  • Tunggu prosesnya hingga aplikasi sudah terhapus.

Selain aplikasi Easy Uninstaller App Uninstall, masih ada pilihan aplikasi lainnya seperti Uninstaller, CCleaner, System App Remover dan lainnya.

Yang pasti cara menggunakan beberapa aplikasi tersebut kurang lebih sama karena tujuan dari aplikasi tersebut adalah untuk uninstall aplikasi. Jadi pengguna bisa memilih aplikasi yang paling sesuai dengan Hp.

Cara Menghapus Aplikasi Dengan Reset Hp

Cara yang terakhir ini bisa dibilang cukup beresiko dan menjadi pilihan yang terakhir. Karena pengguna harus berpikir berulang kali sebelum memutuskan untuk reset Hp.

Terutama jika Hp sudah digunakan sejak lama dan banyak menyimpan memori atau data penting. Karena resiko dari reset Hp adalah semua data akan hilang dari Hp.

Karena reset Hp ini sama saja dengan mengembalikan kondisi Hp seperti awal pembelian Hp. Jadi Hp akan dikosongkan dan menghapus semua jejak yang tertinggal pada Hp.

Jadi jika benar-benar ingin menghapus aplikasi yang tidak digunakan tersebut, maka lakukanlah reset ulang pada Hp.

Biasanya orang akan melakukan reset jika Hp sudah terserang virus atau lupa kata sandi sehingga tidak bisa membuka Hp. Reset Hp ini juga cukup beresiko jadi tidak boleh terlalu sering dilakukan.

Cukup lakukan reset Hp jika dibutuhkan saja. Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan reset Hp adalah sebagai berikut:

  • Buka pengaturan Hp dan pilih general management.
  • Klik menu reset.
  • Pilihlah factory data reset untuk mengembalikan keadaan Hp seperti awal.
  • Klik reset device, tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Jika sudah selesai dan terdapat opsi reboot, klik reboot.
  • Tunggu proses reboot selesai maka seluruh aplikasi data dan Hp sudah terhapus.

Perlu diingat juga sebelum melakukan cara di atas, pengguna harus back up data terlebih dahulu agar data penting tetap tersimpan. Cara back up yang paling mudah adalah dengan back up data pada akun Gdrive.

Baca juga : Aplikasi Menggambar di Android

Itulah 4 cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus yang bisa dicoba. Pengguna bisa memilih salah satu dari 4 cara tersebut karena setiap cara memiliki resiko tersendiri.

Daripada memori Hp penuh karena aplikasi yang tidak jelas, sebaiknya hapus saja aplikasi yang tidak terpakai agar Hp jadi semakin lancar.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.