Genre Anime Paling Banyak Dicari di 2020

  • 4 min read
  • Sep 18, 2020

Di dunia yang luas dan penuh aneka ragam ini, tentu memiliki kategori. Kategori ini sangat dibutuhkan bagi Anda semua, mengapa?. Karena kategori ini dibuat untuk Anda agar lebih mudah saat menjelaskan sesuatu.

Contohnya seperti, menjelaskan trip liburan menarik disini Anda membutuhkan kata ‘wisata’. Itu tadi sudah termasuk kategori. Kategori itu sendiri sudah menjangkau ke berbagai bidang spesifik seperti contohnya karya.

Karya itu sendiri bisa berupa musik, novel, light novel, film atau buku, ini tidak bakal jauh-jauh dari kata kategori. Hanya saja di dalam karya, kategori ini  disebut genre.

Genre Anime Jepang

Mungkin, Anda tidak asing dengan kata genre ini. Kata genre ini biasa kita temukan dalam film. Contohnya saja genre action, sci-fi, biography hingga horror.

Pada anime juga mempunyai genre, dimana genre anime ini dapat membedakan anime yang satu dengan anime yang lain. Meski anime mempunyai yang mirip dengan film, tetapi anime juga memiliki genre khusus.

Barangkali bagi Anda yang suka nonton anime dan baca manga tetapi masih bingung membedakan genre. Genre atau istilahnya aliran adalah suatu pembagian dalam bentuk seni atau tutur tertentu menurut kriteria yang sesuai dengan bentuk tersebut.

Oleh karena itu, pitujuh disini akan memberikan dan membahas beberapa macam genre yang ada di anime.

Berikut 7 Genre Anime Paling Banyak Dicari

Simak beberapa genre anime yang paling banyak dicari di 2020 ini!

1. Shounen

Samurai X Contoh Genre Anime Shounen

Shounen ini salah satu genre yang paling banyak dikenal orang Indonesia. Mengapa begitu? karena genre ini ditayangkan di Indonesia pada era tahun 90.

Di Jepang sendiri genre ini paling banyak di cari dan juga populer dikalangan remaja hingga orang dewasa. Genre yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mencari hiburan ringan setelah pulang sekolah dan pulang kerja.

Apa itu genre shounen?

Shounen sendiri dalam bahasa Jepang merujuk pada kata remaja pria. Genre anime satu ini biasanya menceritakan anak remaja yang umurnya kisaran 10 sampai 18 tahun.

Tokoh utama nya sendiri yang sebelumnya terlihat lemah berubah menjadi kuat. Jadi, genre ini memang menargetkan penonton maupun pembaca yang berumur 12 tahun sampai 18 tahun.

Contoh Anime Genre Shounen adalah:

  • Bleach
  • Hunter X Hunter,
  • Samurai X
  • Inuyasha
  • Detektif Conan
  • Dragon Ball
  • Naruto dan masih banyak lagi

Genre shounen ini biasanya ditandai dengan kisahnya yang penuh aksi, memiliki unsur komedi dan pastinya dengan karakter utamanya laki-laki.

Genre shounen ini dikatakan masih batas wajar untuk ditonton. Karena adegan kekerasan yang diminalisir dan aman dari adegan dewasa antara cowok dan cewek.

Tapi tetap saja tak menutup kemungkinan beberapa anime shounen ada yang mengandung fan service.

 2. Isekai

No Game No Life Contoh Genre Anime Isekai

Genre anime yang satu ini banyak disukai oleh para pecinta anime maupun pembaca manga (otaku). Anime isekai sendiri berlatar belakang di dunia masa lalu seperti kerajaan dan fantasi di mana berada di dunia yang berbeda.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya arti anime isekai itu apa?

Isekai sendiri berasal dari Bahasa Jepang dengan artian dunia lain. Genre anime dan manga yang bertemakan mengenai berpindah nya sang tokoh utama dari dunia asal ke dunia yang jauh berbeda dari tempat tinggalnya (dunia lain).

Genre yang lagi menjalar di cerita dunia anime dan manga akhir-akhir ini. Karena banyak yang mengajak pembaca untuk memiliki imajinasi tentang dunia lain.

Genre isekai ini merupakan dari sekian banyak genre yang memiliki banyak penggemar, termasuk di Negara Indonesia juga. Alur cerita yang disajikan pun menarik dan unik, karena berdasar khayalan atau imajinasi sang pembuat yang menciptakan jalan cerita karakter ini digemari.

Contoh Anime Genre Isekai adalah:

  • Overload
  • No Game No life
  • Konosuba
  • Log horizon
  • Re : Zero

Terlebih lagi buat Anda yang sering banget berkhayal ingin bertualang ke dunia lain untuk melarikan diri dari dunia nyata. Genre anime ini pastinya cocok dan menarik banget buat ditonton.  

3. Kodomo

Doraemon Contoh Genre Anime Kodomo

Genre anime yang satu mungkin kurang familiar di Anda, mengapa?

Karena genre anime yang satu ini memang di khususkan buat anak-anak. Sesuai namanya Kodomo yang berarti anime dipasarkan dan sasarannya untuk anak-anak usia 6 tahun sampai 11 tahun.

Anime genre ini bercerita kisah sehari-hari anak-anak dengan tema keluarga dan persahabatan.

Contoh Anime Genre Kodomo adalah:

  • Doraemon
  • Ninja Hatori
  • Inazuma Eleven

Ada juga anime yang memang kelihatannya seperti anime anak-anak yaitu pokemon, Shin-chan dan Gakuen Baby Sitter. Tentu saja itu bukan anime yang termasuk kodomo tetapi anime tersebut masuk ke dalam kategori genre Shounen.

4. Gore

Tokyo Ghaul Contoh Genre Anime Gore

Semakin berkembangnya zaman, anime yang diproduksi semakin banyak dan memiliki bermacam-macam genre. Tetapi ada satu genre yang peminatnya cukup banyak, yaitu anime bergenre Gore.

Apa itu genre anime gore?

Genre anime gore ini sendiri dapat diartikan anime yang berisi scene-scene darah, adegan sadis, perkelahian yang berujung kematian, dan lain sebagainya.

Contoh Anime Genre Gore adalah:

  • Tokyo Ghoul
  • Mirai Nikki
  • Attack On Titan
  • Parasyte

Jika, Anda memang mencari genre yang sadis-sadis dan penuh dengan darah dalam dunia anime Gore bisa menjadi salah satu rekomendasi nya.

5. Mecha

Full Metal Panic X Contoh Genre Anime Mecha

Dalam dunia anime sendiri Anda tahu, bahwa dunia anime itu dipenuhi dengan genre-genre yang menarik. Berikut, ada genre yang menarik bagi admin sendiri yaitu salah satunya genre mecha ini.

Mecha istilah dalam Bahasa Jepang merujuk kepada genre fiksi ilmiah yang berpusat pada mesin yang bergerak atau biasa kita sebut robot.

Genre anime mecha ini masih sangat menjadi favorit di kalangan pecinta anime yang suka dengan adegan aksi para robot-robot bertarung.

Genre anime mecha ini sudah ada sejak dulu kita kecil, Anda juga sering melihatnya di stasiun TV Indosiar.

Anime mecha ini gabungan dari genre action dan juga mecha. Seri genre tidak pernah sepi peminatnya dan selalu berkembang tiap tahunnya. Seri anime-nya juga sangat populer dikalangan pecinta anime shounen.

Contoh Anime Genre Kodomo adalah:

  • Full Metal Panic
  • Break Blade
  • Eureka Seven
  • Evangelion

Genre anime mecha sendiri dibuat dengan konsep yang berbeda, maka dari itu penonton akan langsung tertuju dan tertarik berbagai macam dari genre anime yang satu ini.

 6. Seinen

One Punch Man Contoh Genre Anime Seinen

Genre seinen ini merujuk pada penonton yang sudah lebih dewasa. Memang ditargetkan untuk penonton usia 20 sampai 30 tahun, bahkan bisa lebih tua lagi, hingga berusia 40 tahun.

Genre ini memiliki gaya gambar nya yang bervariasi. namun tetap menghadirkan anime yang enak untuk di tonton.

Genre seinen ini termasuk ke dalam gaya variasi shounen tetapi mengandung kekerasan yang lebih kompleks dengan situasi yang lebih dewasa.

Contoh Anime Genre Seinan adalah:

  • Golden Time
  • One Punch Man
  • Golden Kamuy
  • Hinamatsuri

7. Josei

Chihayafuru Contoh Genre Anime Josei

Genre ini memiliki tingkatan yang lebih dari shouju. Sasaran genre ini sendiri ialah wanita dewasa atau ibu rumah tangga yang berusia 21-44 tahun.

Kisah dalam anime dengan genre ini biasanya menyangkut kehidupan sehari-hari cewek di Jepang. Ada juga beberapa mengisahkan kehidupan sekolah, namun sebagian besar meliputi kehidupan orang dewasa.

Selain itu, bukan suatu keharusan, anime josei biasanya menfokuskan romansa karakternya dengan lebih realistis, jauh berbeda dengan yang biasanya ditemukan dalam anime shoujo.

Contoh Anime Genre Josei adalah:

  • Chihayafuru
  • Nodame Cantabile Chihayafuru
  • Hachimitsu to Clover

Nonton anime atau membaca komik manga adalah salah satu kesibukan dan hobi banyak orang. Dengan menonton anime dan membaca manga akan mengisi waktu luang Anda di rumah atau perjalanan.

Baca juga : Situs Nonton Anime Terbaik

Dengan memahami dari genre setiap komik atau anime, maka Anda dapat mengetahui jenis apa nantinya anime yang Anda tonton.

Demikian ulasan mengenai 7 genre anime paling dicari di 2020. Silahkan Anda pilih mau menikmati genre anime yang mana sesuai dengan selera Anda sendiri.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *