Jenis-Jenis Hamster

  • 4 min read
  • Apr 22, 2021

Mempunyai hewan peliharaan memang sangat dibutuhkan bagi sebagian orang. Ketika dilanda lelah namun tak bisa pergi kemana-mana, hanya dengan bermain hewan peliharaan saja sudah dapat terhibur dengan tingkah lucunya.

Sayangnya, bagi seseorang yang mempunyai kesibukan bekerja, akan kesulitan untuk memeliharanya. Misal seperti hewan peliharaan anjing dan kucing yang memiliki sikap aktif dan gesit.

Maka hewan peliharaan kedua tersebut tidak bisa ditinggal secara terus menerus dan dalam waktu lama.

Jenis Hamster Jinak dan lucu yang bisa Anda Pelihara di Rumah

Nah, bagi Anda yang ingin mempunyai hewan peliharaan bisa ditinggal dalam waktu lama dan juga lucu nan mengemaskan. Mungkin hamster bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hewan yang mempunyai tubuh bulat seperti tikus tetapi lebih kecil ini memiliki perawatan yang mudah.

Anda hanya butuh kandang, pembersih kandang dan makanan yang menyerupai rumput-rumputan. Kandangnya sendiri dapat Anda bersihkan satu hari atau dua hari sekali.

Kali ini pitujuh.com akan memberikan rekomendasi tentang jenis-jenis hamster jinak dan lucu yang bisa Anda pelihara di rumah.

Berikut 7 Jenis Hamster Jinak dan lucu yang bisa Anda Pelihara di Rumah

Hamster adalah salah satu jenis hewan pengerat yang dimasukkan ke dalam subfamili Critetinae yang dibagi ke dalam 18 spesies dan diklarifikasi-kan 7 genus di penjuru dunia.

Memiliki badan yang kecil nan mungil membuat hewan satu ini mudah untuk dibawa kemana-mana. Tentunya, tidak membutuhkan kandang yang besar untuk merawatnya.

Mari simak jenis-jenis hamster jinak yang bisa Anda pelihara berikut ini.

1. Hamster Campbell

Hamster Campbell Jenis Jenis Hamster Yang Banyak Dipelihara Di Indonesia

Jenis hamster yang pertama ialah hamster campbell. Hamster jenis satu ini banyak dijual di pasaran karena perkembangbiakan-nya murah dan sangat mudah.

Jenis-Jenis hamster campbell ini sering dijuluki sebagai hamster kurcaci karena memiliki tubuh yang mungil. Dikarenakan tubuhnya yang mungil, ia mempunyai sifat yang penakut.

Terkadang meninggalkan bekas gigitan apabila Anda menyentuhnya secara tiba-tiba.

Bagi Anda yang ingin memelihara jenis hamster campbell ini. Anda harus merawat dan memperhatikannya secara khusus. Seperti memberikan makanan yang bernutrisi tinggi dan ideal.

Pasalnya, hamster yang dipelihara di Indonesia ini rentan sekali terkena penyakit diabetes. Sehingga, harus benar-benar memberikan makanan dan mengatur pola makan.

Hamster campbell juga memiliki pilihan warna yang menarik perhatian seperti, arenta,satin,dove,panda dan masih banyak jenis warna lainnya.

Hamster ini tidak cocok kamu berikan pada anak kecil yang terlalu bersemangat, karena sentuhan-nya bisa saja membuat hamster campbell kaget dan malah balik menggigit-nya.

Hewan mungil ini memiliki gerak yang agresif. Sehingga jenis hamster panda ini tidak cocok untuk diberikan ke anak kecil.

2. Hamster Roborovski

Hamster Roborovski Jenis Hamster Yang Banyak Dipelihara

Hamster jinak selanjutnya bernama Roborovski. Jenis hamster roborovski ini merupakan jenis hamster yang memiliki tubuh paling kecil dari jenis hamster lainnya.

Dengan tubuhnya kecil tersebut, hamster ini memiliki gerakan yang amat lincah. Ia pun suka berlari kesana kemari dan melompat.

Maka dari itu perlu pendekatan dan keahlian untuk memegang-nya agar tidak kabur-kaburan.

Roborovski mempunyai dua variasi warna yang dapat Anda pilih yaitu, normal dan white face dengan puluh yang putih bercorak kekuningan.

Hamster jenis roborovski ini mempunyai ketahanan tubuh yang sangat baik, asalkan Anda bisa memberikan makanan teratur dan makanan berkualitas agar nutrisi-nya terjaga.

Oh ya, walaupun hamster ini suka berlari kesana kemari dan lompat sana sini. Tetapi Ia tidak menggigit, jadi aman untuk Anda pegang dan bermain bersama anak kecil.

3. Hamster Winter White

Hamster Winter White Jenis Jenis Hamster Bermata Merah

Pada deretan ketiga ada hamster winter white. Jenis hamster winter white ini mempunyai bentuk yang mirip dengan camphbell.

Berbeda dengan sifat hamster campbell yang lebih aktif dan agresif, jenis hamster bermata merah ini memiliki sifat lembut dan tenang. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang masih awam dalam memelihara hamster.

Tentunya dengan sifatnya yang lembut, Anda dapat menjinakkan-nya dengan mudah.

Walaupun demikian, jangan taruh hamster satu ini di tempat terbuka. Dikarenakan hamster winter white ini pemalu dan mudah kaget apabila Anda menyentuhnya secara mendadak.

Jenis hamster yang banyak dipelihara ini memiliki keunikan sendiri. Dimana mempunyai bulu yang dapat berubah setiap musim, perubahan ini dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan juga genetika.

Pada musim hujan, bulunya berwarna abu-abu dengan kecoklatan lebih terang. Sedangkan pada musim panas, bulunya akan berubah warna menjadi abu-abu kecoklatan tetapi lebih tua.

Untuk ukuran hamster ini cukup kerdil dan dapat hidup hingga usia 1,5 sampai 2 tahun lamanya.

4. Hamster Syirian

Hamster Syirian Jenis Jenis Hamster Jinak

Hamster syirian ialah jenis hamster terbesar dari jenis-jenis hamster lainnya. Hamster satu ini persis dengan hamster winter white.

Bagi Anda yang ingin menghadiahi adik hewan peliharaan hamster. Hamster syirian ini jawabannya.

Jenis Hamster syirian ini sangat cocok untuk dipelihara, dikarenakan bentukan-nya yang bulat, jinak, dan juga lucu.

Hewan ini memiliki sifat lebih tenang dan gerakannya tidak terlalu gesit. Sehingga jenis syirian ini sangat mudah dipegang dan dijinakkan.

Untuk warnanya hamster jenis syirian ini memiliki corak yang beragam, seperti cinnamon, panda (Black Mottled), golden dan masih banyak lagi.

Ditambah dengan keunikan-nya, merupakan satu-satunya jenis hamster yang mempunyai varian bulu longhair, yang biasa terdapat di kucing anggora.

Jenis hamster yang umum dipelihara di Indonesia ini mempunyai mulai dari 25.000 ribu sampai 250.000 ribu.

5. Hamster Eropa

Hamster Eropa Jenis Hamster Yang Ada Di Malaysia

Selanjutnya, hewan yang memiliki nama latin Ciritetus Critetus ini adalah hamster yang umum di kenal dengan habitatnya dari Eropa. Kerap juga disapa dengan European hamster.

Hamster ini mudah ditemukan di padang rumput dan di sekitar peternakan.

Ciri-ciri dari hamster Eropa ini ialah seluruh badannya berwarna coklat dan untuk bagian kakinya berwarna hitam. Ukuran dari hamster ini lebih besar dibandingkan dengan hamster campbell dan hamster syirian.

Untuk umurnya sendiri bisa mencapai 2 tahun bahkan sampai 3 tahun. Sayangnya spesies ini terancam punah, dikarenakan banyak pemburu yang memburu hewan mungil nan lucu satu ini.

6. Hamster Romania

Hamster Romania Jenis Jenis Hamster dan Ciri Cirinya

Hamster yang bisa dibilang cukup langka di Indonesia, dikarenakan habitatnya yang berada di romania.

Jenis hamster satu ini terbilang hewan nokturnal mengapa? Karena hamster romania ini aktif pada malam hari untuk mencari makanan. seperti kacang, biji-bijian, rumput, sayur dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan hamster lainnya, ia tidak langsung memakan makannya yang didapatkan. Tetapi disimpan terlebih dahulu di dalam mulutnya.

Hamster romania mempunyai ciri-ciri seperti memiliki bulu berwarna putih bada bagian kaki dan berwarna coklat pada bagian punggung.

Untuk bagian kepala nya mempunyai garis hitam dan pada pipinya terdapat corak garis memanjang berwarna hitam gelap. Persis dengan jenis hamster lainnya, ia lebih memilih untuk hidup menyendiri.

7. Hamster Cina

Hamster Cina Jenis Jenis Hamster dan Harganya

Jenis hamster yang terakhir adalah hamster cina. Hamster yang lumayan sulit untuk ditemui di Indonesia. Tetapi, Hamster satu ini malah banyak ditemukan di negara barat seperti Prancis dan Amerika.

Hamster ini bisa menjadi alternatif buat Anda yang ingin memeliharanya. Karena sifatnya yang ramah dan mudah bersahabat. Ia pun jarang sekali menggigit, jadi aman untuk Anda menggenggam-nya.

Sayangnya, jenis hamster satu ini mudah bosan dengan lingkungannya. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan sebuah mainan untuk hamster dikandang-nya.

Agar tidak bosan dan juga stress. Jenis hamster cina ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sangat suka berinteraksi dengan hewan peliharaan.

Itu tadi yang sudah dibahas mengenai 7 jenis-jenis hamster lucu yang dapat Anda pelihara di rumah. Kira-kira mana nih yang ingin Anda beli terlebih dahulu untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *