Aplikasi Inventaris Barang Sekolah Berbasis Web dan Excel

  • 4 min read
  • Aug 18, 2022

Untuk mengelola inventaris barang di sekolah, kini sudah tidak perlu dilakukan secara manual lagi. Dikarenakan sudah ada banyak aplikasi inventaris barang sekolah yang bisa digunakan untuk manajemen aset secara otomatis.

Bahkan data yang ditampilkan juga akurat. Di bawah ini ada beberapa aplikasi untuk mengelola inventaris barang di sekolah terbaik:

Aplikasi Inventaris Barang Sekolah Berbasis Web

Aplikasi Inventaris Barang Sekolah Berbasis Web Dan Excel Terbaik

Salah satu solusi terbaik untuk mengelola aset barang yang ada di sekolah adalah menggunakan aplikasi inventaris. Aplikasi ini berbasis web dan excel, sehingga sangat mudah digunakan. Berikut beberapa aplikasi inventaris barang sekolah berbasis web yang bisa diunduh:

1. Aplikasi Inventory dari E Software

Rekomendasi pertama bagi siapapun yang sedang mencari aplikasi inventaris barang yang mudah digunakan adalah Aplikasi Inventory dai E Software.

Aplikasi ini dibuat dari program PHP dan JavaScript yang disertai dengan MYSQL serta Bootstrap. Menariknya, aplikasi berbasis web ini bisa digunakan secara offline melalui xampp (local host) maupun secara online dengan hosting.

Akan tetapi aplikasi inventaris barang sekolah ini bukan merupakan aplikasi Windows. Selain itu aplikasi ini juga tidak dapat digunakan melalui Android. Walaupun demikian ada banyak kelebihan jika menggunakan aplikasi ini, antara lain:

  • Dapat panduan cara penggunaan serta gratis update hingga 2 bulan;
  • Mutasi Stok agar bisa mencatat history keluar masuk barang layaknya mutasi di rekening bank;
  • Fitur Stock Alert yang bisa memberikan peringatan ketika stok barang kurang;
  • Fitur cetak dan scan barcode;
  • Dapat memantau stok barang, backup bahkan restore data;
  • Terdapat fitur Import & export ke Excel, PDF dan lainnya;
  • Menu tambah, edit dan hapus produk, harga jual, harga modal serta menghitung profit; dan
  • Dapat mengedit, menambah, menghapus merk, supplier serta kategori barang.

2. Aplikasi Inventaris Barang dari Sapoy Corp

Berikutnya aplikasi inventaris barang sekolah berbasis web yang dibuat oleh Sapoy Corp. Pengguna bisa menggunakan aplikasi secara offline melalui local host maupun online dengan hosting atau VPS. Seperti aplikasi sebelumnya, di sini juga tidak tersedia untuk Windows dan Android.

Namun demikian ada banyak fitur menarik yang ditawarkan melalui aplikasi. Berikut ini beberapa keistimewaan yang sangat bermanfaat untuk inventaris barang di sekolah tersebut, seperti:

  • Mendapatkan panduan cara pemakaian;
  • Master Data yang mencakup departemen, lokasi, supplier, kategori hingga jenis pengadaan;
  • Adanya fitur data barang, pengadaan barang, penempatan, mutasi, peminjaman, pengembalian hingga return;
  • Akun yang bisa digunakan untuk mengelola User; dan
  • Punya konfigurasi identitas.

3. Simple Inventory

Salah satu aplikasi inventaris barang sekolah untuk membantu penggunanya dalam mengelola data barang adalah Simple Inventory.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Ichasoft ini merupakan perangkat lunak yang tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk inventaris di sekolah saja. Melainkan pada sebuah lembaga lain seperti kantor maupun perusahaan.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Pendataan Barang Simple Inventory. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimilikinya:

  • Menggunakan sistem login untuk akses ke aplikasi;
  • Dapat digunakan untuk data inventaris tanah, gedung atau bangunan;
  • Kompatibel untuk pengadaan serta mutasi barang inventaris;
  • Bisa digunakan untuk stok opname barang;
  • Dapat digunakan untuk menonaktifkan barang yang sudah rusak, hilang, dijual maupun diganti;
  • Multi Level User untuk admin, user maupun operator;
  • Dapat dijalankan melalui jaringan LAN; dan
  • Punya Setting Wallpaper.

4. Aplikasi Inventaris Barang Sekolah By Zukii Vixii

Berikutnya ada aplikasi inventaris barang sekolah yang ditawarkan oleh Zukii Vixii. Aplikasi ini akan membantu serta mempermudah dalam memanajemen data barang yang ada di sekolah. Selain itu, bahasa yang digunakan dalam aplikasi merupakan bahasa pemrograman PHP dan MySqli.

Meskipun menawarkan beberapa fitur yang menarik, sayangnya pada aplikasi ini masih terdapat beberapa bug pada menu laporan barang. Maka dari itu, masih perlu eksplorasi maupun dikembangkan lagi. Untuk mendapatkan aplikasi ini maka perlu meminta source code terlebih dahulu.

Caranya yaitu dengan mengunjungi situs Zukii Vixii. Selanjutnya pada kolom pencarian tuliskan keyword “Download source code aplikasi inventaris barang sekolah”.

Kemudian lakukan registrasi dengan memasukkan alamat email, password dan nomor HP. Selanjutnya, akan dikirimkan source code aplikasi melalui email atau WhatsApp. Kemudian download source code tersebut untuk bisa mengakses aplikasi.

Aplikasi Inventaris Barang Sekolah Berbasis Excel

Selain berbasis web, aplikasi inventaris ini juga tersedia secara gratis dalam bentuk Excel. Di mana aplikasi ini sudah disediakan langsung oleh official Microsoft itu sendiri. Selain itu, aplikasi ini tidak memiliki script atau virus sehingga aman digunakan. Beberapa aplikasi inventaris yang ditawarkan antara lain:

1. Catatan Aset Tetap

Cara mengunduh template yang disediakan oleh Microsoft ini, maka pertama harus membuka situs Templates Office melalui browser terlebih dahulu. Selanjutnya masukkan kata kunci “catatan aset tetap”. Kemudian download template Excel yang sudah disediakan.

Pada template ini, pengguna bisa mencatat aset tetap sekolah menggunakan template yang bisa diakses dengan mudah. Selain itu, pengguna juga dapat menghitung penyusutan dengan menggunakan metode saldo menurun tetap. Meskipun catatan masih dilakukan secara manual, namun aplikasi template ini sangat direkomendasikan.

2. Daftar Inventaris dengan Penyorotan Susunan Ulang

Microsoft Office menawarkan tampilan yang elegan dan mudah diakses pada template yang satu ini. Melalui template daftar inventaris ini pengguna dapat melacak serta membuat katalog inventaris dengan mudah.

Di sini juga sudah disediakan informasi mengenai pemesanan ulang serta nilai total dengan menggunakan pemformatan bersyarat.

Menariknya, pengguna bisa menggunakan template inventaris ini untuk membuat tabulasi persediaan. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memanage detail, harga unit, jumlah, deskripsi dan masih banyak lagi. Sehingga inventaris barang di sekolah dapat dilakukan dengan lancar dan mudah.

3. Daftar Perlengkapan Inventaris

Hal yang menarik, di sini akan ditampilkan terkait waktu pemesanan kembali atau penggantian yang direkomendasikan. Dengan tampilan yang simple, pengguna dapat mencatat kondisi fisik serta status keuangan perlengkapan dari sekolah.

Selain itu, ada fitur untuk mencatat model, nomor seri, biaya operasional serta informasi pembelian. Pada template ini juga ditampilkan nilai serta perhitungan depresiasi sehingga dapat dihitung nilai penyusutannya.

4. Inventaris Gudang

Template Inventaris Gudang ini sangat mudah diakses bagi siapapun yang ingin melacak dan mengelola barang yang ada di gudang sekolah. Menariknya, template ini menawarkan beberapa fitur yang sangat mudah diakses.

Di antaranya memiliki kemampuan untuk mencetak daftar pilihan, mengambil informasi terkait biner tertentu serta menandai waktu penyusunan ulang. Daripada itu, pengguna juga dapat melacak nilai inventaris ketika menggunakan Inventaris Gudang dari Microsoft.

5. Catatan Aset Tetap dengan Depresiasi

Pada template ini akan ditampilkan beberapa detail aset termasuk di dalamnya lokasi fisik, nomor seri, informasi pembelian hingga depresiasi.

Kemudian pada fitur depresiasi yang disediakan, pengguna dapat menghitung dengan menggunakan metode depresiasi saldo menurun 20%, garis lurus, serta saldo menurun 150%.

Baca juga : Aplikasi Kasir Gratis

Nah itulah beberapa aplikasi inventaris barang sekolah berbasis web dan Excel. Saat ini beberapa sekolah masih kurang efisien dalam mengelola inventaris barang. Jadi dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut, maka manajemen barang di sekolah dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published.