Mulailah Belajar Investasi bagi Mahasiswa dan Pelajar Sejak Dini

  • 6 min read
  • Nov 24, 2021

Investasi ialah cara menabung dengan cerdas yang akan diambil atau dipakai di waktu yang akan datang apabila Anda membutuhkannya. Saat ini saja, investasi tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah bekerja atau pun berpenghasilan tinggi. Akan tetapi mahasiswa atau pelajar pun alangkah baiknya melatih diri sejak dini untuk memulai berinvestasi.

Dengan memulai investasi pada bangku perkuliahan Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Dimana nantinya akan siap secara finansial, atau bahkan bisa sebelum terjun langsung ke dunia kerja.

Terlebih lagi, Anda juga akan mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam dunia keuangan. Juga banyak pelajaran yang dapat diambil pada saat berinvestasi.

Cara Investasi Untuk Mahasiswa

Pelajaran-pelajaran ini tentu tidak bisa kamu dapatkan hanya sekadar baca dari buku. Selain itu, dengan berinvestasi sejak di bangku perkuliahan, kamu bisa mengambil keuntungan yang lebih besar ketika nanti kamu sudah masuk ke dunia kerja.

Tentunya pelajaran-pelajaran ini tidak Anda dapatkan serta merta dari membaca buku. Bersama dengan berinvestasi pada bangku kuliah, Anda dapat meraup keuntungan yang lebih unggul. Ketika nanti Anda sudah memasuki dunia kerja.

Sungguh baik jika Anda menyisihkan uang untuk berinvestasi. Ditambah lagi itu adalah hasil kerja keras dan keringat-mu sendiri.

Nah, hasil dari investasi tersebut dapat Anda nikmati pada di kemudian hari. Dikarenakan investasi ini ialah cara cerdas menyimpang tabungan dalam jangka panjang yang terbilang sangat menjanjikan. Terlebih lagi untuk kebutuhan di masa yang akan datang kelak. Dilihat dari harga kebutuhan pangan yang kian semakin mahal.

Kali ini pitujuh akan mengulas tentang beberapa cara investasi mahasiswa yang menjanjikan.

Berikut 7 Cara Investasi untuk Mahasiswa yang Menjanjikan

Silahkan di simak cara investasi untuk mahasiswa dan pelajar berikut.

1. Saham

Cara investasi untuk mahasiswa yang menjanjikan pertama ialah trading saham. Saham adalah salah satu jenis investasi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Dimana saham ini mempunyai ciri khas membutuhkan modal yang sangat besar.

Hanya saja, pada saat ini ada beberapa perusahaan yang dapat mempermudah Anda dengan menyajikan main saham modal 1 juta. Tidak jarang dengan modal 1 juta, apalagi beberapa perusahaan menetapkan minimal modal investasi sahamnya ada yang sampai Rp 100 ribu saja loh. Pas banget untuk melakukan investasi bagi mahasiswa.

Sebelum Anda terjun atau membeli saham, adapun beberapa cara investasi saham. Pertama-tama pasti Anda akan diminta untuk membuat rekening efek. Dimana Anda bisa membuka rekening saham di beberapa kepemilikan seperti, BCA, BNI, Mandiri, dan lain sebagainya. Dapat juga Anda membuka secara offline, dengan datang langsung ke bank dan membuka atau membuat rekening secara offline.

Selanjutnya, dalam memilih saham Anda dapat merujuk pada saham-saham unggulan maupun saham yang sudah di indeks.

Investasi saham ini sama halnya dengan menabung, hanya saja keuntungan dan resiko yang di dapat pun berimbang. Artinya ialah bagi seorang mahasiswa Anda akan untung dengan cepat begitu pun sebaliknya bisa juga merugi.

Maka dari itu, pastikan Anda mempelajari dan memahami terlebih dahulu tentang investasi saham. Dengan Anda main saham ini ialah salah satu cara investasi untuk masa depan.

2. Reksadana

Di era yang kian maju ini, banyak orang-orang yang melirik maupun mencari jasa investasi. Salah satunya adalah reksadana ini. Dimana reksadana ini termasuk kedalam pilihan bagi mahasiswa atau pelajar pada tahun 2020 hingga sekarang. Dengan reksadana ini Anda juga dapat menghasilkan uang dari internet.

Sama halnya dengan saham, reksadana ini terbilang mirip seperti saham. Hanya saja, berbeda pada cara pengolahan-nya.

Dimana dalam investasi saham, Anda adalah pemilik sahamnya. Maka dari itu, Anda harus selalu memantau pasar-pasar saham yang saat ini menguntungkan dan sedang berjalan.

Kalau Investasi reksadana, uang yang Anda investasi-kan nanti akan dikelola sama pihak pengelola atau biasanya disebut dengan manajer investasi.

Reksadana sendiri terdapat beberapa jenis antara lain, reksadana pasar uang, reksadana dengan pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham. Dari keempat reksadana, reksadana pasar lah yang terbilang memiliki tingkat resiko terendah daripada jenis lainnya. Tentunya ini pas sekali untuk mahasiswa atau pun pelajar.

Untuk modal awal investasi di reksadana ini mulai dengan Rp 100.000 saja. Betul-betul investasi yang cocok dan pas di kantong anak muda.

Cara investasi reksadana ini mempunyai modal yang kecil dan memberikan banyak sekali keuntungan. Bagi Anda yang seorang mahasiswa tentu sangat mudah untuk melakukan investasi yang satu ini.

Perlu diingat, jika Anda menaruh semakin besar dalam investasi maka semakin besar keuntungan maupun kerugian yang didapatkan.

3. Emas

Cara investasi satu ini tentunya Anda sudah sangat mengenalnya yaitu investasi emas. Dimana emas termasuk ke dalam salah satu jenis investasi yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai latar belakang perekonomian beragam.

Anda pun bisa investasi emas mulai dengan modal 1 juta rupiah saja.

Investasi emas ini tergolong mempunyai keuntungan yang cukup menjanjikan. Tapi, investasi satu ini ialah investasi yang sangat cocok dilakukan bagi kalangan ekonomi rendah, menengah hingga tinggi dikarenakan mempunyai resiko yang rendah. Cara investasi ini pas sekali untuk ibu rumah tangga.

Mengapa investasi emas tergolong mempunyai resiko yang rendah? Hal ini dikarenakan harga emas atau investasi emas tidak mengalami fluktuasi yang sangat signifikan.

Dimana harga emas juga cenderung stabil. Maka dari itu, cara investasi emas ini bisa sangat menjanjikan dan aman bagi Anda.

Emas tidak semata-mata berbentuk batangan saja, ada yang berbentuk seperti kepingan, dan berbentuk seperti chip.

Emas juga memiliki bermacam-macam berat dan tentunya dengan harga jual yang berbeda-beda pula. Untuk pilihan ukuran emas ada yang 1 gram, 5 gram, 25 gram bahkan sampai 100 gram. Dimana ini dapat dipilih sesuai dengan budget dan kebutuhan investasi Anda.

Emas berbentuk perhiasan merupakan jenis emas yang sering dipakai dalam investasi. Bersama dengan sebagai investasi perhiasan emas bisa juga sebagai aksesoris.

4. Investasi dengan Menabung

Cara investasi untuk mahasiswa yang berikutnya ialah menabung. Mungkin Anda pernah mendengar dengan sistem menabung yang pembagian-nya 50-30-20 ini diperkenalkan oleh perencana keuangan yang berasal dari Amerika Serikat bernama Anthony Badillo.

Dimana sistem menabung ini adalah sistem yang paling mudah diterapkan dan sederhana.

Anthony ini mengatakan untuk menyisihkan 50% dari penghasilan Anda untuk kebutuhan sehari-hari, kemudian 30% nya untuk tabungan atau membayar cicilan maupun hutan dan sisanya 20% nya untuk keinginan pribadi.

Menabung ini dapat dilakukan di rumah maupun bank. Selain di bank dan di rumah Anda pun dapat menabung di koperasi. Dengan Anda menabung sedikit demi sedikit, lama-lama akan memiliki uang yang banyak pula. Tentunya, cara investasi untuk pelajar yang sangat cocok dan dapat dicoba. Maka dari itu, mahasiswa berlatih untuk membiasakan diri untuk menabung.

5. Deposito

Bagi seorang mahasiswa jika mempunyai uang berlebih, alangkah baiknya mencoba melakukan deposito. Deposito ini adalah tabungan yang berada di bank dimana Anda dapat menarik pada waktu tertentu saja. Tentunya, masa penarikan dari deposito ini dapat mencapai bertahun-tahun. Mulai dari 1 tahun, 5 tahun, hingga ada yang 10 tahun.

Dengan Anda sebagai mahasiswa memilih salah satu cara investasi untuk masa depan ini, maka Anda hidup akan lebih hemat.

Dengan deposito mahasiswa tidak bisa menarik uang sesuai keinginannya. Ini merupakan hal positif, karena Anda bisa mengatur keuangan untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan di kemudian hari. Baik kebutuhan hidup ataupun kehidupan kuliah untuk jenjang berikutnya. Dengan kata lain, adanya deposito membuat hidup dan keuangan mahasiswa lebih tertata.

Adanya deposito ini mahasiswa tidak dapat menarik uang sesuai dengan keinginannya. Tentu saja, hal ini merupakan hal yang positif. Dikarenakan Anda dapat mulai mengatur keuangan dimana untuk berjaga-jaga jika suatu saat ada kebutuhan mendesak di kemudian hari.

Cara investasi untuk pelajar satu ini dapat membuat hidup dan keuangan Anda sebagai mahasiswa lebih tertata dan terarah.

6. Obligasi

Cara investasi mahasiswa berikutnya ialah obligasi. Obligasi merupakan mahasiswa yang berinvestasi dengan meminjamkan uang kepada pemerintah dalam bentuk obligasi.

Selanjutnya, pemerintah mengerjakan hal lainnya seperti, menjadi usaha, usaha bank dan lain sebagainya. Hanya saja, pada kemudian hari uang yang dikelola akan dikembalikan tentunya dengan jumlah yang sama. Ditambah dengan bunga dari hutang yang di ajukan.

Tidak ada salahnya jika Anda pelajar atau pun mahasiswa melakukan investasi dengan berupa obligasi. Justru dengan memberikan hutang untuk modal usaha ialah suatu hal positif yang nantinya keuntungan dapat dinikmati. Cara investasi bagi mahasiswa berupa obligasi ini ada beberapa macam diantaranya yaitu, obligasi koperasi, obligasi pemerintah dan obligasi ritel.

7. Investasi Peer to Peer

Cara investasi mahasiswa ketujuh adalah investasi peer to peer. Akhir-akhir ini investasi peer to peer mendapatkan perhatian. Mungkin banyak dari telinga Anda masih asing dengan investasi berikut ini.

Investasi untuk mahasiswa satu ini persis dengan bank, hanya saja tidak dijalankan oleh bank-nya itu sendiri. Dimana perusahaan penyedia jasa peer to peer ini akan mencari calon dari debitur-debitur yang berpotensi untuk meminjamkan uang.

Kemudian, perusahaan akan menyeleksi dan mencari calon-calon pemodal yang nantinya akan memberikan pinjaman.

Nah, peran perusahaan ini hanya sebagai penengah antara orang yang meminjam dan yang memberikan modal dimana nantinya menghasilkan fee.

Cara investasi bibit ini diawali dengan modal yang terbilang rendah yaitu sebesar Rp. 100.000 saja dan tentunya online. Sama halnya dengan investasi lainnya, yaitu investasi dengan peer to peer ini membutuhkan kecerdikan pula.

Tapi, jika Anda masih pemula, investasi dengan cara satu ini tidak disarankan. Dikarenakan investasi anak muda ini membutuhkan perencanaan yang benar-benar matang juga mempunyai tingkat resiko yang terbilang tinggi.

Investasi lah dengan selayaknya yang dilakukan seperti para kaum muda saat ini. Dimana investasi sebenarnya dapat dilakukan dalam atau dengan bentuk apapun. Mau berupa uang atau pun barang. Jadi, bagi Anda yang masih mahasiswa atau pelajar, hendaknya mulai saat ini melatih diri untuk berinvestasi. Agar suatu saat dapat membuat hasil yang memuaskan.

Baca juga : Cara Bisnis Online untuk Pelajar

Demikian ulasan mengenai cara investasi bagi mahasiswa yang mudah dan menjanjikan. Dari daftar cara di atas, manakah yang menarik perhatian dan ingin Anda coba terlebih dahulu?

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *