Makanan Khas Korea

  • 4 min read
  • Feb 02, 2021

Pada saat ini masyarakat Indonesia tengah demam yang namanya drama korea. Maka dari itu, tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang mengikuti trend dari negeri ginseng satu ini seperti musiknya, gaya berpakaian, hingga makanannya.

Di dalam drama korea yang paling menarik selain aktor dan jalan ceritanya tentu saja makanannya.

Makanan Khas Korea Yang Wajib Dicicipii

Makanan khas korea ini kebanyakan digemari oleh para penonton drakor atau banyak idol yang mengupload ke sosial media. Menjadikannya penasaran dan ingin mencicipi.

Dari mulai street food nya hingga makanan tradisional-nya. Berikut Pitujuh.com berikan makanan khas korea selatan yang wajib dicicipi.

7 Makanan Khas Korea yang Wajib Dicicipi

Makanan dari negeri ginseng ini biasanya tradisi masyarakatnya mengutamakan teknik masakan untuk menghasilkan sebuah hidangan.

Makanan orang korea biasa dicampurkan dengan bawang putih, kecap, halia, minyak wijen, saus cili (gochujang) dan saus khas korea (doenjang).

Hidangan dari masakan korea harus mempunyai keserasian dan menunjukkan karakter beberapa musim di korea seperti, musim dingin, musim gugur, musim panas dan musim semi.

Berikut adalah makanan khas korea yang wajib dicicipi karena rasanya yang enak ini.

1. Kimchi

Kimchi Makanan Khas Korea

Para penggemar drama korea pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Senarai makanan korea yang sering sekali muncul di drama-drama korea.

Makanan khas korea selatan pertama yaitu kimchi. Kimchi merupakan sayuran yang telah difermentasi-kan ditambahkan bumbu khusus dan menghasilkan rasa cukup pedas dan asam.

Bagi orang korea sendiri, rasanya ada yang kurang apabila tidak ada kimchi ini. Mengingat kimchi sendiri sebagai makanan pendamping bukan hidangan utama.

Makanan terkenal korea ini biasa dihidangkan pada saat musim dingin. Resep Kimchi juga sangat mudah dibuat di rumah.

Komplikasi dari rasa pedas, asam dan asin membuat makanan khas korea kimchi ini sangat digemari dan tentunya sangat menggugah selera.

2. Tteokbokki

Tteokbokki Makanan Khas Korea

Tteokbokki ialah salah satu dari semua camilan populer yang ada di korea.

Tteokbokki merupakan semacam kue beras yang dimasak, kemudian dicampur dengan saus cili (gochujang) khas korea yang rasanya agak pedas.

Makanan korea tteokbokki ini sangat terkenal di orang Indonesia karena rasanya yang sesuai dengan lidah atau kecap orang Indonesia. Snack korea halal ini dijual di tempat-tempat warung sederhana hingga restoran.

Biasanya topokki dimakan bersama ramyeon atau juga dicampur bersamaan dengan daging atau pun sosis. Tteobokki tergolong makanan korea pedas manis.

Makanan korea topokki dulunya dikenal sebagai tteok jjim yang merupakan irisan mirip beras, telur, daging, dan juga perisa. Terdapat banyak sekali jenis tteokbokki namun tteokbokki beras yang paling terkenal.

3. Gimbap

Gumbap Makanan Khas Korea Selatan

Senarai makanan korea berikutnya ialah gimbap.

Gimbap merupakan makanan korea yang terbuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut kering dan dalamnya diisi dengan sayuran seperti, wortel, mentimun, bayam, daging dan telur.

Bentuk dari gimbap ini seperti sushi dari jepang, hanya saja isi dalamnya yang berbeda. Akhir-akhir ini makanan gimbap juga populer di Indonesia.

Anda juga bisa membuat makanan rumahan korea yang satu ini sendiri. Berhubung tidak sulit untuk mendapatkan rumput laut kering dan penggulung untuk gimbap ini di Indonesia.

Sedangkan untuk isian dalamnya Anda dapat beli di warung atau supermarket terdekat. Salah satu makanan korea yang mudah dibuat.

4. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon Makanan Tradisional Korea Selatan

Pengikut drakor pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini. Jjajangmyeon atau kerap dikenal dengan mie hitam.

Jjajangmyeon ialah salah satu dari sekian banyak mie yang ada di korea. Makanan korea satu ini terbuat dari tepung gandum.

Makanan yang sangat terkenal di korea ini juga disajikan dalam bentuk instan.

Ada hal yang paling khas dari jjajangmyeon ini yaitu saus kedelai hitamnya. Dimana saus kedelai hitam inilah yang membuat mie ini menjadi berwarna hitam dan memiliki rasa manis dan gurih. Membuat jjajangmyeon ini menjadi makanan korea terenak.

Di dalam makanan korea yang populer ini diberikan beberapa jenis sayuran dan juga potongan daging.

Kadangkala orang korea untuk menambahkan kenikmatannya ditambahkan makanan laut seperti udang, cumi dan teripang ke dalam saus-nya.

Makanan khas korea selatan ini sangat direkomendasikan bagi Anda sedang berkunjung ke korea.

5. Miyeok Guk (Sup Rumput Laut)

Miyeok Guk Makanan Tradisional Korea Selatan

Jika Anda sedang mencari makanan korea halal, mungkin makanan yang satu ini jawabannya. Yaitu miyeok guk.

Miyeok guk merupakan sup berisi rumput laut dan kuah kaldu dari daging atau ayam dengan menambahkan berbagai macam bumbu yang sangat khas.

Di korea selatan makanan berkuah satu ini wajib disajikan untuk orang yang sedang berulang tahun.

Agar diberikan umur panjang dan dapat membawa keberuntungan.

6. Samgyeopsal

Samgyeopsal Makanan Korea Selatan

Jika Anda sering menonton drama korea pasti sudah tau atau sudah pernah mendengar nama makanan korea satu ini. Ya, yaitu Samgyeol.

Mungkin di lidah orang Indonesia pelafalan nama makanan korea ini cukup sulit.

Samgyeopsal merupakan hidangan yang bahan utamanya berupa daging perut babi.

Makanan satu ini tidak termasuk makan korea yang halal dikarenakan terbuat dari daging babi.

Makanan korea dari babi ini memiliki keunikan yaitu dagingnya merupakan daging impor bukan daging lokal. Alasannya dikarenakan harga daging impor lebih murah dibanding harga dalam negeri.

Biasanya makanan khas korea selatan satu ini disajikan tanpa diberi bumbu alias hanya dipanggang.

Setelah matang, baru kemudian dicelupkan ke dalam saus dan dimakan.

7. Ramyeon

Ramyeon Makanan Terkenal Korea Selatan

Makanan khas korea yang terakhir yaitu Ramyeon. Ramyeon atau ramen ini merupakan mi instan asal korea yang sangat populer dan memiliki rasa pedas.

Makanan korea berkuah yang terkenal ini tidak hanya terdapat di korea saja. Di Indonesia pun ada.

Ramyeon sendiri memiliki tekstur mie yang tebal dan bumbu-nya dimasukkan pada saat air mendidih agar kuah yang dihasilkan lebih kental.

Biasanya di dalam drakor, seringkali Anda melihat ramyeon dimasak dengan menambahkan telur, daun bawang, dan tidak lupa kimchi.

Kemudian, dihidangkan pada saat panas di panci kecil dan disantap langsung di panci tersebut.

Baca juga : Restoran Korea di Jakarta

Nah, itu tadi beberapa 7 makanan tradisional Korea Selatan yang perlu Anda coba. Jika Anda merasa tertarik dengan yang sudah direkomendasi-kan, kira-kira mana nih yang ingin dicoba terlebih dahulu?

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *