Jenis Tanaman Obat Tradisional

  • 4 min read
  • Jun 07, 2021

Meskipun zaman sudah canggih, namun pengobatan tradisional masih menjadi alternatif menarik yang terbukti ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Selain untuk mengobati penyakit, kadang pula untuk bahan make up atau pun bagai alternatif untuk menjaga sebuah kecantikan wajah.

Namun zaman modern dengan pengobatan tradisional telah menjalin kolaborasi yang menguntungkan, karena pengemasan obat yang jauh lebih bagus, sehingga mudah untuk di konsumsi.

Tanaman Obat Tradisional

Meskipun begitu tidak ada salahnya jika kamu ingin memiliki sebuah kebun mini yang berisi tumbuhan tradisional sebagai obat alternatif dirumah.

Hal ini berguna jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk pengobatan tertentu.

Nah, di bawah ini pitujuh.com akan memberikan beberapa jenis tanaman obat tradisional yang bisa kamu tanam dirumah.

Berikut 7 Jenis Tanaman Obat Tradisinonal

Berikut adalah rekomendasi 7 tanaman obat tradisional yang bisa kamu tanam dirumah, dan dapat digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

1. Lengkuas

Lengkuas Tanaman Obat Tradisional

Jika dilihat secara sekilas lengkuas memiliki bentuk yang hampir sama seperti kunyit dan jahe. sama seperti keduanya, lengkuas biasanya digunakan untuk campuran masakan agar menambah cita rasa.

Lengkuas juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C karbohidrat, zat besi dan berbagai serat makanan.

Dari kandungan yang ada pada lengkuas, membuat tanaman obat yang satu ini memiliiki banyak manfaat.

Dengan vitamin C yang terkandung di dalamnya membuat lengkuas mampu melindungi kulit dari infeksi seperti panu, kadas, kurap hingga gatal-gatal.

Untuk menamamnya juga sangat mudah, cukup tanam bibit secara teratur dan rapi pada media tanah yang telah kamu sediakan, dan kemudian siram secara teratur. Sangat mudah sekali.

2. Daun Sirih

Sejak dari dulu daun sirih memang sudah dipercaya sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat.

Bahkan dijaman sekarang daun sirih telah di ekstrak kedalam berbagai macam produk perawatan sehinga lebih mudah untuk mendapatkan manfaatnya.

Daun sirih pada umumnya digunakan untuk mengurangi bau badan, menjaga kesehatan organ bagi wanita, untuk mengobati batuk, dan masih banyak lagi.

Untuk menanamnyapun juga sangat mudah. Tanam bibit sirih pada pot dan pastikan terkena sinar matahari yang cukup, tapi tidak juga terlalu panas.

Setelah beberapa hari dan mulai tumbuh tunasnya letakan pot pada sesuatu tumbuhan untuk di rambati daun sirih ini.

3. Jahe

Semua orang tahu jenis tanaman obat tradisional yang satu ini, hampir semua obat-obat modern yang tinggal minum mengandung tanaman yang satu ini.

Karena memang sudah dari dulu jahe, terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia.

Dengan kandungan zat kimia positif yang ada pada jahe, mampu membuat jahe meminimalisir mual dan nyeri yang biasa terjadi diperut.

Selain itu jahe juga bermanfaat untuk meredakan nyeri saat datang bulan, memperkuat system imun, meredakan sakit yang terjadi pada otot dan masih banyak lagi manfaat yang terkandung di dalamnya.

Cara menanamnya juga sangat mudah, cukup cari bibit kemudian tanam setiap potong jahe kedalam tanah sekitar 5-10 CM, lalu rawat dengan pemberian air yang cukup.

Dan suatu saat nanti ketika dibutuhkan, dengan mimiliki tanaman sendiri dirumah akan mempermudah kamu untuk mendapatkan jahe ini.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya atau dengan nama latin aloe vera ini pasti tidak asing lagi di telinga kamu.

Tumbuhan yang memiliki daun dengan daging yang tebal ini, telah terbukti memiliki banyak khasiat terutama pada rambut.

Sehingga banyak sekali produk shampo yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utama dari produknya.

Tidak berhenti disitu, lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk mengobati luka bakar, Mengurangi rasa sakit pada kulit ketika lecet, membantu penyembuhan pada luka, dan masih banyak lagi.

Untuk cara penanamannya, lidah buaya tergolong sangat mudah, bahkan tanpa perawatan yang lebih lidah buaya tetap bisa tumbuh.

Kamu bisa mulai dari cari bibit dari lidah buaya yang sudah besar dan tinggal kamu tanam di tanah, dan jangan lupa disiram.

5. Kumis Kucing

Tanaman obat selanjutnya yang bisa kamu tanam di rumah adalah kumis kucing.

Tanaman dengan nama latin Orthosiphon Aristatus ini merupakan tanaman obat yang berasal asli dari indonesia.

Kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bagian yang digunakan dari kumis kucing ini adalah daunnya.

Pada umumnya kumis kucing digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, mengobati sakit rematik, mengurangi batu berlebih, mengoati gusi yang bengkak, dan masih banyak lagi.

6. Daun Kemangi

Daun kemangi yang memiliki nama latin ocium Basilicum merupakan tanaman yang tergolong kedalam kategori daun mint. Biasanya kemangi digunakan sebagai tambahan lauk makanan.

Selan sebagai tambahan lauk Daun kemangi juga biasa digunakan untuk menyehatkan proses pencernaan, meringankan stress, mengontrol gula darah, hingga menjaga kesehatan kulit.

Dengan manfaatnya yang begitu banyak, untuk menanamnya tidak sulit kok.

Cukup menaburkan benih kemangi yang sudah kering ke tanah atau media tanam yang telah kamu siapkan.

Kemudian, taburi tanah tipis di atas benih yang telah kamu sebar tadi. secara ringkasnya begitu lah cara menanam kemangi.

7. Jeruk Nipis

Kalau yang satu ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnnya, dari obat, tambahan makanan, bahkan penghilang noda lemak di produk-produk sekarang telah menggunakan jeruk nipis sebagai bahan utama.

Jeruk nipis yang memiliki nama latin citrus x auratiifolia ini termasuk jenis tanaman yang mengandung nutrisi vitamin C terbanyak.

Dengan kandungan vitamin C tersebut, membuat jeruk nipis memiliki kelebihan tersendiri diantara jenis tanaman yang lain.

Apalagi vitamin C memang sangat di perlukan bagi tubuh manusia, diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah kekurangan zat besi dan masih banyak manfaat yang bisa di ambil dari jeruk nipis ini.

Nah diatas tadi sudah dibahas tentang berbagai jenis tanaman obat yang bisa kamu tanaman di rumah.

Tentu untuk menggunakannya sebagai obat tanaman-tanaman diatas perlu di sedikit di olah terlebih dahulu.

Namun, selama tanaman tersebut telah di tanam atau tersedia di sekitar rumah, kamu tidak akan kebingungan ketika suatu saat di perlukan mendadak.

Baca juga : Tanaman Berbahaya

Demikian ulasan mengenai 7 tanaman obat tradisional yang dapat kamu tanam di sekitar rumah.

Dari berbagai jenis tanaman diatas kira-kira mana nih yang menarik untuk di tanaman di sekitar rumah kamu?

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *