Tanaman Berbahaya di Indonesia

  • 4 min read
  • Sep 11, 2020

Manusia sebagai makhluk hidup akan hidup berdampingan dengan hewan dan tanaman. Diantara hewan dan tanaman itu terdapat hewan yang berbahaya dan tanaman yang berbahaya bagi kehidupan manusia.

Terdapat beberapa tanaman berbahaya dan beracun mengiringi sejarah tragedi manusia. beberapa manusia yang harus mati karena dipaksa atau tidak sengaja memakannya.

Sebut saja Sokrates, yang harus menerima kenyataan dihukum mati karena dituduh tidak percaya Tuhan oleh pengadilan Atena. Ia dipaksa meminum ramuan tanaman hemlock hingga akhirnya keracunan dan mati lemas.

Tanaman-Berbahaya-di-Indonesia

Tanaman-tanaman seperti ini tidak hanya ada di luar negeri dan cerita saja. Di Indonesia juga ada beberapa jenis spesies tanaman yang asli dari Indonesia yang tergolong tanaman berbahaya.

Bahkan jika menggunakan dengan dosis berlebih dapat berisiko sampai kematian. Apa saja tanaman yang berbahaya itu. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Berikut ini 7 Tanaman yang Berbahaya di Indonesia

Silahkan simak beberapa tanaman berbahaya dab beracun yang ada di Indonesia berikut:

1. Tanaman Jarak

Pohon-Jarak-Tanaman-Berbahaya-di-Indonesia

Daun dan getah tanaman jarak banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Tapi siapa sangka biji jarak adalah pembunuh yang mematikan.

Memakan dua buah biji jarak sudah cukup untuk seseorang terbunuh. Pada April 2013, Gedung putih dihebohkan dengan surat yang ditujukan untuk presiden Amerika yaitu Barak Obama.

Pada surat itu di dalamnya terdapat racun ricih. Ricih merupakan senyawa sampingan yang dihasilkan dari pengolahan biji tanaman jarak. Senyawa ini dapat mengakibatkan orang tewas karena gangguan sistem peredaran darah dan pernapasan.

Saat ricih masuk dalam tubuh, satu ricih dapat membunuh satu sel. Jika senyawa ini dihirup, disuntikkan atau tertelan dapat membunuh orang dalam waktu 36 hingga 48 jam.

Para ahli mengatakan ricih merupakan pembunuh ganas dan seganas virus anras. Dan bahayanya lagi sampai saat ini belum ditemukan penawar-nya.

Tanaman jarak ini sebagai tanaman yang berbahaya dan banyak ditemukan di indonesia.

2. Ubi Racun atau Singkong Karet

Ubi-Racun-Tanaman-Berbahaya-di-Indonesia

Singkong atau Ubi memang mengandung racun namun kadarnya berbeda, tergantung varitasnya. Singkong pahit atau yang lebih dikenal singkong karet memiliki kadar racun yang lebih tinggi dibanding singkong manis.

Racun biasanya berada di daun dan umbi singkong. Racun ini diketahui dapat menghasilkan senyawa sianida. Sianida dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin dan sulit di deteksi.

Racun ini tak berasa, tak berbau, dan tak berwarna. Satu satunya indikator untuk mengetahui sianida pada singkong adalah warna kebiruan yang muncul pada umbi bila mana terkena udara.

Racun sianida akan jauh berkurang jika dipanaskan. Banyak korban keracunan akibat salah dalam pengolahan singkong, karena memasak umbi dan daun-nya yang tidak sempurna.

3. Tanaman Kecubung

Kecubung-Tanaman-Berbahaya-di-Indonesia

Kecubung yang berada di Indonesia adalah jenis datura metel masih satu keluarga dengan bunga lonceng. Kecubung ini mengandung beberapa senyawa kimia yang berkhasiat menyembuhkan.

Kandungan ini membuat kecubung dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit. Seperti asma, rematik, sakit pinggang, pegal linu dan lain-lain.

Bagian yang sering digunakan sebagai obat herbal adalah daun-nya. Namun kecubung juga mengandung racun berupa zat aloid yang mempunyai efek halosinogen terutama pada bagian bijinya.

Efek yang ditimbulkan bila kecubung dikonsumsi melebihi tataran adalah mual, muntah, sesak nafas, pusing, halunisasi hingga berujung kepada kematian.

Dalam beberapa kasus ditemukan penggunaan racun biji kecubung untuk bunuh diri. Kecubung bisa dikategorikan sebagai tanaman yang beracun jika dikonsumsi berlebihan.

4. Gympie–Gympie

Gympie-Gympie-Tanaman-Berbahaya-di-Indonesia

Orang luar negeri menyebutnya tanaman gympie-gympie sebagai tanaman penyengat.

Hal ini dikarenakan saat kulit tersentuh daun gympie-gympie sedikit saja rasanya seperti seperti tersengat rasa panas luar biasa. Rasa panas ini tidak akan pernah hilang hingga berbulan-bulan.

Tanaman yang berbahaya ini diketahui pernah membunuh hewan dan manusia. Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan timur Australia dan hutan Maluku Indonesia.

Saking kuat racun-nya daun gympie-gympie yang telah kering ratusan tahun juga masih mengandung racun moreidin. Racun ini biasanya terdapat pada bulu tanaman gympie gympie.

Bila Anda ke hutan dan melihat tanaman ini, segeralah menjauh. Berada di dekatnya sangat berisiko terkena racun.

Dengan racun yang begitu dahsyat, tentara Inggris pernah tertarik pada tanaman ini dan berniat menjadikannya senjata biologis pada akhir 1960.

5. Pohon Upas

Pohon-Upas-Tanaman-Beracun-di-Indonesia

Pohon upas sangat melegenda pada masa penjajahan VOC di Nusantara. Bahkan selama berabad-abad menjadi momok menakutkan bagi tentara Belanda karena rakyat berjuang menggunakan racun upas sebagai senjata.

Sampai pada akhirnya letnan gubernur Thomas Raffles mengutus Thomas Hosfield, naturalisasi asal Amerika Serikat untuk mempelajari racun pohon tersebut.

Hasilnya pohon upas ini menjadi tanaman yang berbahaya dan  mematikan namun pada lendir-nya saja. Efek racun upas cukup mengejutkan ketika diuji coba kepada seekor ayam dan anjing yang langsung mati dalam waktu dua menit saja.

Sampai sekarang pohon upas masih dapat ditemukan di Indonesia. di Jawa ia lebih dikenal dengan sebutan pohon ancar. Terkena getahnya sedikit saja orang tersebut akan kejang-kejang lalu mati.

6. Kembang Terompet

Kembang-Terompet-Tanaman-Beracun-di-Indonesia

Kembang Terompet yaitu tanaman berbunga asli di daerah tropis Amerika Selatan, namun ditemukan di semua dunia termasuk di Indonesia.

Kembang Terompet, nama ini datang dari bunga berupa terompet terjuntai tertutup bulu bulu halus yang menggantung dari pohon.

Bunga ini mempunyai ukuran 14 cm hingga 50 cm serta berbagai warna, yaitu warna putih, kuning, oranye, dan merah muda. Seluruh sisi dari tanaman memiliki kandungan racun.

Tanaman ini terkadang beralih dari teh serta dicerna sebagai obat halusinogen. Bunga ini memiliki tingkatan racun yang beragam, tergantung lokasi tanaman.

Tumbuhan ini menjadi tanaman beracun jika penggunaannya melebihi dosis yang bisa berakibat pada kematian pada penggunanya.

7. Kacang Racun

Kacang-Racun-Tanaman-Berbahaya-di-Indonesia

Kacang Racun merupakan pohon asal India serta Asia Tenggara. Benih kecil di dalam pohon hijau berupa buah jeruk ini amat beracun dipenuhi dengan alkaloid beracun srignight serta brusin.

30 miligram racun ini cukup fatal untuk orang dewasa serta dapat mengakibatkan kematian yang dimulai dengan kejang kejang hebat. Tanaman ini menyerang stimultan ganglia sensoris tulang belakang.

Hingga saat ini tanaman ini menjadi salah satu tanaman berbahaya yang wajib dihindari jika Anda berada di sekitarnya.

Baca juga : Bunga Cantik Beracun

Demikian ulasan mengenai 7 Tanaman yang mematikan yang mudah ditemukan di Indonesia. Untuk itu berhati-hatilah terhadap bunga-bunga atau tumbuhan tersebut.

Related Post :

1 ulasan di “Tanaman Berbahaya di Indonesia

  1. Harus hatu-hati berarti! Soalnya di darerah saya banyak pohon jarak. Selama ini belum tahu kalau ternyata berbahaya. Terima aksih infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *