Jenis Makanan Burung

  • 4 min read
  • Jun 18, 2021

Sebagai seseorang yang menjadikan burung sebagai peliharaan, pastinya kamu ingin agar burung kamu sehat-kan?

Nah, agar burung yang kamu pelihara sehat maka harus dilakukan beberapa perawatan, salah satunya adalah pemberian makanan yang menyehatkan dan mengandung vitamin.

Jenis Makanan Burung Terbaik Dan Berkualitas

Maka dari itu, makanan burung adalah suatu hal vital yang harus di perhatikan. Karena dengan pakan burung yang tepat, burung yang kamu pelihara akan terpenuhi nutrisi-nya dan juga terjaga kesehatannya.

Disini kami pitujuh.com akan memberikan beberapa jenis makanan burung terbaik. Agar burung menjadi sehat dan siap menemani hari-hari kamu dengan kicauan merdu-nya.

Berikut 7 Jenis Makanan Burung Terbaik dan Mudah Dicari

Sebelumnya pastikan kesesuaian burung yang kamu pelihara dengan jenis makanan yang cocok.

Untuk mencobanya, silahkan coba beri makanan burung kamu dengan salah satu jenis selama kurang lebih 1 minggu.

Jika burung kamu malah terlihat lesu, sedikit berkicau, dan kotorannya berair. Mungkin jenis makanan burung itu tidak cocok untuk burung yang kamu pelihara. Jika sudah seperti itu silahkan coba jenis makanan yang lainnya.

Berikut ini adalah jenis makanan burung terbaik.

1. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong Jenis Makanan Burung Gereja

Jenis pakan burung yang pertama adalah Ulat Hongkong. Ulat ini adalah salah satu fase dari metamorfosis kehidupan kumbang.

Fase-nya adalah Telur – Larva – Kepompong – Kumbang, Dan yang di sebut dengan ulat hongkong adalah fase Larva.

Dari artikel wikipedia yang dibaca, ulat hongkong memiliki nutrisi berupa kandungan protein yang tinggi.

Serta ulat ini di percaya bisa untuk meningkatkan birahi serta suara kicauan burung.

Namun tidak disarankan untuk memberikannya setiap hari, dikarenakan biasanya pakan ini hanya digunakan ketika burung terlihat sakit atau digunakan untuk mengikuti lomba.

2. Telur Semut

Telur Semut Jenis Pakan Burung Kenari

Jenis pakan burung kedua adalah telur semut. dari jaman dahulu hingga sekarang telur semut atau yang biasa di beri nama kroto ini masih eksis digunakan sebagai makanan burung.

Telur semut (kroto) ini merupakan bagian dari siklus hidup semut. Bentuk dari telur semut sendiri adalah putih cenderung transparan, berbentuk lonjong, mengkilap dan lengket.

Untuk telur semut yang kecil biasanya berukuran 5-6mm dengan diameter 2mm, dan untuk ukuran telur semut yang besar, memiliki panjang sekitar 1CM dan diameter 5mm.

Jenis makanan yang satu ini cocok digunakan ketika burung kamu mulai malas berkicau. Karena biasanya burung akan kembali semangat berkicau setelah memakan kroto.

3. Jangkrik

Jangkrik Jenis Makanan Burung Pipit

Jenis pakan yang satu ini memang sudah digunakan sejak dulu, dengan memberikan jangkrik sebagai makanan burung, Kandungan yang ada didalam jangkrik dapat meningkatkan stamina burung, membuat burung lebih banyak berkicau.

Jangkrik ini biasanya diberikan dalam dua bentuk yaitu jangkrik kering dan jangkrik hidup, kedua-duanya sama-sama memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk burung.

Selain itu jangkrik juga mampu meningkatkan nafsu makan burung, sehingga dengan pola makan yang tepat tentu akan membuat burung lebih sehat.

4. voer

Voer Jenis Makanan Burung Terbaik

Jika masih asing dengan istilah voer mungkin penjelasan ringkas ini akan mempermudah kamu untuk memahaminya.

Voer adalah jenis makanan burung dari berbagai campuran bahan yang di buat oleh manusia melalui proses penelitian tertentu sehingga voer aman dikonsumsi dan mengandung banyak vitamin yang sangat berguna untuk burung.

Di tokok pakan burung kamu akan menemukan banyak sekali voer berbagai macam merk, secara umum voer cocok untuk berbagai jenis burung, terutama burung kicau.

Namun, adakalanya voer ini tidak cocok untuk sebagian burung. untuk mengetahuinya bisa kamu coba berikan burung milikmu jenis pakan ini dan lihat kotorannya dalam seminggu setelah diberikan makanan voer.

Jika kotorannya cair dan cenderung tidak normal, mungkin jenis voer yang kamu berikan tidak cocok di konsumsi oleh buruung yang dipelihara.

5. Ulat Kandang

Ulat Kandang Jenis Makanan Burung Merpati

Ulat kandang ini bisa kamu jumpai di berbagai toko pakan burung di kota kamu.

Pakan ini sudah sangat umum digunakan untuk berbagai jenis burung terutama burung kicau. Dikarenakan manfaat dari jenis pakan yang satu ini akan mampu meningkatkan suhu tubuh dan birahi burung, serta untuk menambahkan energi pada burung agar lebih semangat dalam bekicau.

Ulat kandang atau dengan nama latin lesser mealworm ini merupakan bagian metamorfosis dari kumbang (alphitpobius deaperinus). Dan dengan kandungan protein dalam ulat kandang yang lebih tinggi daripada ulat hongkong, lesser mealworm ini dipercaya mampu menambah nutrisi untuk burung serta meningkatkan staminanya.

Jika kamu membeli ulat kandang dengan jumlah yang banyak maka diperlukan perawatan terhadap ulat tersebut.

Tujuannya adalah agar ulat tersebut tetap sehat dan segar ketika diberikan ke burung.

Karena itu untuk merawatnya pastikan menyediakan tempat perawatan berupa suatu wadah untuk ulat kandang.

Berikan ulat tersebut makanan berupa sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil atau bisa juga dengan menaburi voer halus ditempat kamu menyimpan ulat tersebut.

6. Buah-buahan

Makanan Burung Kakak Tua

Kalau kamu tidak terlalu menyukai pakan burung yang rumit, mungkin jenis pakan burung berupa buah-buahan ini akan menjadi opsi yang menarik.

Pasalnya, kandungan vitamin yang ada pada buah-buahan tidak hanya bermanfaat untuk manusia, tetapi juga untuk burung.

Beda buah beda manfaatnya, dalam komunitas pecinta burung, untuk mengurangi birahi pada burung maka diberikan makan buah-buahan seperti jagung dan buah pepaya.

Sedangkan untuk menambah nutrisi dan stamina, terutama untuk jenis burung kicau, biasanya buah yang di berikan adalah buah pisang dan apel.

Tentunya buah-buahan tersebut bisa dengan mudah kamu dapatkan di berbagai macam toko penjual buah.

7. Sayuran

Sayur Sayuran Nama Makanan Burung

Selain buah-buahan, pakan burung jenis sayuran juga bisa dengan mudah kamu dapatkan.

Yang lebih penting sayuran juga memiliki kandungan protein yang membantu menjaga kesehatan burung.

Misalnya saja ketimun yang mengandung banyak mineral, yang berfungsi sebagai kandungan air dalam tubuh burung.

Sehingga tidak mudah dehidrasi. Ditambah lagi dengan zat enzim erepsin yang terkandung dalam ketimun. Dimana dapat memperlancar pencernaan pada burung.

Selain ketimun, jenis sayuran yang biasa di berikan ke burung adalah kangkung.

Dengan kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya, kangkung mampu menguatkan imun tubuh burung sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Selain itu, banyak juga yang mempercayai bahwa kandungan dalam kangkung yang lainnya mampu memicu birahi pada burung kicau seperti lovebird.

Baca juga : Tanaman Obat Tradisional

Pada dasarnya ada banyak sekali 7 jenis makanan burung berkualitas yang tidak kalah bermanfaat dari apa yang telah disebutkan.

Mungkin kamu memiliki versi makanan burung yang terbukti bermanfaat berdasar pengalaman pribadi.

Namun, tidak ada salahnya jika ingin mencoba beberapa jenis makanan yang telah disebutkan diatas.

Jika kamu merasa tertarik dengan apa yang di rekomendasi-kan, kira-kira mana nih yang ingin lebih dulu dicoba?

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *