Lagu Didi Kempot yang Terkenal

  • 4 min read
  • Jul 13, 2021

Bagi para pecinta lagu campursari, nama Didi Kempot sudah menjadi trade mark sebagai penyanyi yang suaranya selalu mengiringi di setiap sudut wilayah di Jawa.

Didi Kempot sebagai seorang maestro tanah air yang mengibarkan dan memperkenalkan lagi-lagu Jawa modern atau campursari untuk masyarakat Indonesia.

Hampir semua lagu-lagunya menjadi booming di setiap lagunya dirilis. Lagu-lagu beliau sering mengangkat cinta kasih yang tidak tercapai. Karena itulah beliau disebut sebagai Godfather of Broken Heart.

Namun pada tahun 2020 ini, beliau mangkat dan menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Ibu, Solo, Jawa Tengah. Didi Kempot meninggal pada usia 53 tahun dengan meninggalkan sederet karya-karya lagunya yang tetap akan dikenang sepanjang masa.

Lagu Didi Kempot Yang Terkenal

Didi Kempot memiliki banyak penggemar yang berasal dari berbagai kalangan. Penyanyi yang memiliki nama asli Dionisius Prasetyo ini sudah banyak menciptakan lagu-lagu hits yang masih eksis sampai saat ini.

Lagu-lagu yang masih terkenal dan sering diputar seperti lagu Cidro, Pamer Bojo dan lainnya. Untuk itulah sang maestro ini dijuluki sebagai legenda campursari di Indonesia.

Lagu-lagu ciptaannya dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat yang sering disebut sebagai sobat ambyar. Karena terkenal-nya lagu-lagu Didi Kempot ini, maka banyak yang menulis lagu beserta chord gitar di website-website Indonesia.

Pada kesempatan kali ini pitujuh.com akan mengulas mengenai 7 lagu Didi Kempot yang terkenal dan menyayat hati serta tak lekang oleh waktu.

7 Lagu Didi Kempot yang Terkenal

Silahkan simak daftar lagu-lagu Didi Kempot yang terkenal hingga saat ini:

1. Cidro

Lagu Cidro Ciptaan Didi Kempot

Lagu sang maestro campursari yang terkenal adalah lagu Cidro. Lagu ini sangat menyayat hati. Karena dalam lagu ini menceritakan tentang sang kekasih yang dengan tega mengingkari janjinya.

Akibatnya, terjadilah sakit hati atau patah hati karena telah dikhianati oleh sang kekasih. Keadaan ini dinyanyikan oleh sang maestro dalam lirik bahasa Jawa.

‘Wes samestine ati iki nelongso’
‘Wong seng tak tresnani mblenjani janji’


2. Suket Teki

Lagu Suket Teki Ciptaan Didi Kempot

Lagu kedua yang terkenal di semua kalangan adalah lagu yang berjudul Suket Teki. Lagu ini sudah akrab di kalangan pecinta musik di Indonesia karena lagu ini sudah di cover ulang oleh penyanyi-penyanyi terkenal, seperti Nella Kharisma hingga Via Vallen.

Lagu Suket Teki menceritakan mengenai sang kekasih yang memilih mundur dan menjauh karena janjinya yang sudah dikhianati. Sudah berjuang untuk menanam padi, yang tumbuh justru rumput liar (suket teki). Seperti itu lah rasa sakit yang digambarkan dalam lagu Suket teki ini.

‘Aku trimo tak sing ngalah’
‘Trimo mundur timbang loro ati’
‘Tak uyako wong kowe wis lali’
‘Ora bakal bali’


3. Pamer Bojo

Lagu Pamer Bojo Ciptaan Didi Kempot

Lagu yang ketiga dari Didi kempot yang tetap terkenal dan tidak termakan jaman adalah lagu Pamer Bojo. Lagu Pamer Bojo menceritakan tentang seseorang yang sangat rindu terhadap kekasihnya yang sudah lama tak dijumpainya karena sebuah jarak yang memisahkan.

Sedihnya, kekasihnya malah berpaling ke orang lain sehingga membuat ia patah hati dan merasa dikhianati. Mungkin hal inilah yang sering dialami oleh para penggemar lagu ini. Jadinya lagu ini menjadi lagu yang sangat terkenal dan sering dinyanyikan oleh sobat Ambyar.

‘Cidro janji tegane kowe ngapusi’
‘Nganti seprene suwene aku ngenteni’
‘Nangis batinku nggrantes uripku’
‘Teles kebes netes eluh neng dadaku’


4. Sewu Kuto

Sewu Kuto Ciptaan Didi Kempot

Lagu berikutnya yang sangat terkenal adalah Lagu Sewu Kuto. Lagu Sewu Kuto (Seribu Kota) menceritakan tentang pencarian seseorang terhadap kekasihnya yang pergi meninggalkannya tanpa kabar.

Karena rindu yang dalam, ia berusaha mencari kekasihnya kesana kemari hingga melalui banyak kota atau ‘Sewu Kuto’. Sang maestro dengan penuh penghayatan selalu mampu menghanyutkan para sobat Ambyar lewat lagu ini.

Sewu kuto uwis tak lewati’
‘Sewu ati tak takoni’
‘Nanging kabeh podo ra ngerteni’
‘Lungomu neng endi


5. Stasiun Balapan

Lagu Stasiun Balapan Ciptaan Didi Kempot

Lagu ini adalah lagu yang sangat terkenal pada awal tahun 2000. Lagu Stasiun Balapan adalah lagu sang maestro mulai di kenal oleh masyarakat Indonesia.

Didi Kempot menyanyikan lagu ini dengan penuh penghayatan dengan suara yang merdu. Pada lagu ini mengisahkan tentang kerinduan-nya dengan sang kekasih yang pergi meninggalkannya.

Ia selalu menunggu di stasiun Balapan (nama stasiun di Solo) sebagai tempat penantian-nya menunggu kekasihnya yang pulang naik kereta api.

Namun sang kekasih tidak juga pulang untuk kembali kepadanya. Stasiun inilah sebagai tempat ia terakhir bertemu dengan kekasihnya untuk mengantar-nya pergi. Namun sang kekasih tidak kunjung kembali.

‘Jare lungo mung sedelo’
‘Jare sewulan ra ono’
‘Pamitmu naliko semono’
‘Ning Stasiun Balapan Solo’


6. Tanjung Mas Ninggal Janji

Lagu Tanjung Mas Ninggal Janji Ciptaan Didi Kempot

Lagu dari Didi kempot yang terkenal selanjutnya adalah lagu Tanjung Mas. Lagu ambyar ini menceritakan tentang penantian-nya terhadap kekasihnya yang pergi meninggalkannya melalui tanjung Mas di Semarang.

Ia menunggu di Tanjung Mas sebagai tempat berpisah dengan kekasih yang sebelumnya Ia antar. Janji sebulan pulang kembali, namun sang kekasih tak kunjung muncul hingga setahun menunggu.

Sang Kekasih tetap menunggu di tempat yang sama dan masih dengan perasaan yang sama saat mereka berpisah.

‘Aku sik kelingan naliko nang pelabuhan’
‘Kowe janji lungo ra ono sewulan’
‘Nanging saiki wes luwih ing janji’
‘Nyatane kowe ora bali-bali’


7. Layang Kangen

Lagu Layang Kangen Ciptaan Didi Kempot

Lagu yang sangat terkenal dari Didi Kempot selanjutnya adalah lagu Layang Kangen. Lagu satu ini sangat cocok untuk para pejuang cinta jarak jauh.

Sesuai artinya, Layang Kangen atau dapat diartikan sebagai surat rindu darinya kepada sang kekasih. Lagu ini mengisahkan tentang kerinduan seseorang kepada kekasihnya yang berada jauh sekali.

Karena tak tahan akan rindu-nya, ia sudah tidak sabar segera bertemu dengan kekasihnya.

‘Layangmu tak tompo wingi kuwi’
‘Wes tak woco opo karepe atimu’
‘Trenyuh ati iki moco tulisanmu’
‘Ra kroso netes eluh neng pipiku’


Demikian ulasan tentang 7 lagu Didi kempot yang terkenal hingga saat ini. Anda dapat menemukan kunci gitar dari 7 lagu-lagu Didi Kempot di atas di chordtela.com.

Baca juga : Tarian Indonesia yang Mendunia

Lagu-lagu ini masih sering dinyayikan oleh sobat Ambyar dan masih sering di putar di radio-radio sebagai lagu campursari.

Dari semua karya yang sudah ia buat, Didi Kempot akan selalu dikenang dengan penyanyi campursari legendaris meski telah tiada.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *