Alat Musik Tradisional Indonesia yang Terkenal di Dunia

  • 4 min read
  • Sep 30, 2020

Indonesia merupakan salah satu dari sekian negara yang mempunyai ragam kebudayan dan kesenian. Indonesia sendiri memiliki 17.491 ribu pulau dengan 1.300 suku ini membuat negara Indonesia menjadi kaya akan keragaman budaya dan kesenian-nya.

Suku-suku tadi mempunyai seni dan budaya sendiri yang berbeda-beda berdasarkan daerah asalnya masing masing. Rata-rata semua seni budaya Indonesia terkenal sampai ke kancah dunia internasional, salah satunya alat musik tradisional

Apa sih pengertian alat musik tradisional itu?

Alat musik tradisional adalah alat musik yang berkembang secara turun temurun pada suatu daerah yang digunakan untuk mengiringi acara atau lagu-lagu dari daerah asalnya.

Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Dari zaman nenek moyang sampai zaman digital, masih terdapat banyak sekali alat musik yang memiliki ciri khas masing-masing. Sampai saat ini saja alat musik tradisional tidak meredup atau pun sepi peminatnya.

Bahkan, banyak turis asing yang tertarik untuk mencoba alat tradisional ini. Karena ciri khas dari alat musik itu dan juga karena memiliki keunikan dalam cara memainkan-nya.

Dalam setiap alat musik tradisional memiliki keunikan masing-masing. Keunikan ini sendiri tidak pernah terlepas dari budaya masyarakat Indonesia.

Lalu, apa saja alat musik tradisional Indonesia yang terkenal di dunia internasional?

Berikut pitujuh.com sudah merangkum 7 alat musik tradisional yang terkenal di dunia. Simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

Berikut 7 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Terkenal di Dunia

Simak ulasan mengenai alat musik tradisional Indonesia yang terkenal di dunia berikut ini.

1. Angklung

Angklung Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Mendunia

Nama alat musik tradisional yang pertama adalah angklung. Angklung adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat dan sudah terkenal di mancanegara.

Pada saat perayaan ulang tahun kota Jawa Barat Angklung selalu menjadi salah satu alat musik untuk memeriahkan acara hari jadi kota Jawa Barat ini.

Alat musik tradisional dari Jawa Barat ini menjadi daya tarik bagi warga negara asing yang berkunjung ke Indonesia. Para turis ini tertarik untuk memainkan alat musik yang terbuat dari bambu ini.

Angklung ini sendiri alat musik yang terbuat dari bambu dan dimainkan-nya dengan cara di goyang-kan. Bunyi yang keluar diakibatkan oleh benturan badan pipa bambu. Bunyi tadi menghasilkan tangga nada 2, 3 hingga tangga nada 4 dalam setiap ukuran bambu nya dari besar maupun kecil

Karena saking terkenalnya alat musik tradisional angklung sampai-sampai alat musik angklung ini diakui sebagai warisan Indonesia oleh UNESCO.

Ada banyak beragam jenis angklung tidak hanya yang berasal dari Jawa Barat saja melainkan ada juga yang dari Bali seperti angklung Bali, angklung Banyuwangi dan sebagainya.

2. Kenong

Kenong Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Alat musik tradisional yang kedua ada kenong. Kenong merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Timur. Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi pertunjukan seni tari Reog Ponorogo.

Alat musik tradisional kenong ini berbentuk seperti gong kecil. Kenong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat khusus. Kenong berfungsi sebagai untuk menegaskan irama dan juga sebagai penentu batas-batas gatra.

Alat musik tradisional ini unik pasalnya alat ini mirip dengan alat yang dipukul lainnya seperti gamelan tetapi hanya kenong saja yang memiliki tubuh paling gemuk.

Dengan bentuk kenong yang besar dan gemuk menghasilkan suara yang rendah dengan timbre yang khas. Nama kenong sendiri di berikan oleh masyarakat Jawa dikarenakan bunyi yang berbunyi ‘ning-nong’.

3. Gamelan

Gamelan Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Alat musik tradisional berikutnya yaitu gamelan. Tentunya Anda tidak asing dengan alat musik yang satu ini. Gamelan adalat alat musik ansambel tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Bali dan Sunda.

Gamelan dimainkan dengan sangat mudah yaitu dengan cara menggunakan alat pemukul. Gamelan mempunyai arti memukul dan di akhir kata ‘an‘ mempunyai arti yaitu nada.

Alat musik tradisional gamelan tidak hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi juga sudah sangat terkenal di Dunia. Alat tradisional gamelan ini sudah diajarkan di luar negeri.

Bahkan, juga ada negara yang sudah dimasukkan ke kurikulum pembelajaran di beberapa sekolah luar negeri yaitu salah satunya di negara New Zealand dan Amerika Serikat.

4. Bonang

Bonang Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Terkenal Sampai Mancanegara

Alat musik tradisional yang keempat adalah Bonang. Bonang berasal dari Jawa Tengah. Bonang ini adalah sebuah alat musik yang dimainkan-nya dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul spesial untuk Bonang.

Alat musik tradisional yang dipukul bernama Bonang ini terbuat dari bahan kuningan, besi dan juga perunggu. Alat tradisional dari Jawa Tengah ini dibedakan menjadi dua yaitu bonang penerus dan bonang barung.

Bonang penerus ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan tempo yang dimainkan 2 kali lebih cepat dibandingkan bonang barung. Dan dalam bonang barung sendiri mempunyai ukuran yang besar sesuai oktaf tengah sampai tinggi.

5. Tifa

Tifa Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Tifa adalah alat musik tradisional yang berasal dari Papua. Alat musik tifa adalah sebuah alat musik berjenis gendang yang asalnya dari warga suku Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua.

Alat musik tradisional Papua yang satu ini terbuat dari batang kayu matoa yang sudah dilubangi pada bagian dalamnya. Selanjutnya, pada bagian ujung yang lain ditutupi menggunakan kulit rusa yang telah dikeringkan.

Pengeringan kulit rusa ini bertujuan agar menghasilkan suara atau instrumen yang bagus. Terakhir, alat musik tifa ini diukir agar menambah nilai seni dari Tifa Papua ini.

Pada zaman dahulu, sejarah tifa sendiri ialah alat yang digunakan untuk simbol perdamaian bagi masyarakat Papua dahulu.

Jadi, apabila terjadi sebuah baku hantam antara suku yang satu dengan suku yang lain di Papua para tetua pun menabuh tifa ini untuk memanggil wakil dari kedua suku tadi untuk melakukan sebuah perjanjian.

Tetapi kini tifa digunakan upacara daerah, mengiringi sebuah pertunjukan musik atau pun tarian tradisional.

Memainkan alat musik tradisional tifa ini tidak lah sulit, Anda hanya perlu memukul bagian ujung kemudian dengarkan bunyi yang indah dari setiap pukulan yang dikeluarkan oleh Anda buat.

6. Bansi

Bansi Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Alat musik tradisional yang satu ini cukup terkenal hampir di setiap penjuru Indonesia. Bansi adalah alat musik yang berasal dari Sumatera Barat.

Alat musik Sumatera Barat yang bernama bansi ini dimainkan dengan cara di tiup. Bansi ini biasa digunakan dan dimainkan pada acara-acara kedaerahan seperti upacara adat dan acara budaya sebagainya.

Bansi terbuat dari talang atau bambu tipis dengan panjang 36 mempunyai bentuk yang pendek dan juga memiliki 7 lubang di tubuhnya. Cocok bagi yang mempunyai jari pendek dan Anda akan dapat mudah memainkan alat musik tradisional ini.

7. Genggong Bali

Genggong Bali Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Terkenal

Alat musik tradisional yang terakhir yaitu genggong Bali. Alat musik genggong Bali merupakan alat musik yang berasal dari Bali. Alat musik Bali yang satu ini mempunyai instrumen getar yang cukup unik.

Suara yang dikeluarkan dari alat musik bansi ini pun cukup khas dan unik bagi para pendengarnya. Adapun keunikan lainnya yaitu cara memainkan-nya tentunya.

Cara memainkan alat ini sangat yaitu Anda memanfaatkan rongga mulut orang lain untuk dapat membunyikan alat ini sebagai resonator.

Alat musik Genggong Bali ini dibunyikan dengan cara mengulum pada bagian yang disebut palayah.

Pada Jari tangan kiri memegang ujung alat sebelah kiri sedangkan pada tangan kanan memegang tangkai bambu berukuran kecil yang terhubung dengan tali benang dan ujung alat di sebelah kanan.

Baca juga : Tarian Indonesia yang Mendunia

Demikian ulasan mengenai 7 alat musik tradisional Indonesia yang mendunia dan terkenal sampai mancanegara. Kita sebagai warga Indonesia wajib bangga dengan hal ini.

Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk melestarikan seni dan budaya Indonesia termasuk melestarikan alat musik tradisional Indonesia tersebut.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *