Peraturan Sepak Bola

  • 3 min read
  • Sep 19, 2021

Sebuah olahraga yang hampir diketahui semua lapisan masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan di seluruh dunia ini. Telah dimainkan lebih dari 200 negara dan beberapa golongan masyarakat. Dari yang muda hingga yang tua.

Sejarah pertandingan sepak bola ini pertama kali ditemukan pada tahun sekitar 1170 M. Kemudian, berkembang pesat karena terbilang menantang dan juga murah untuk dimainkan.

Sepak bola biasanya dimainkan secara resmi dalam 2 babak yang berdurasi 45 menit setiap babak-nya dan dilakukan di lapangan berbentuk persegi panjang.

Peraturan Sepak Bola

Peraturan lapangan permainan sepak bola umumnya mempunyai panjang 90-120 m dan lebar 45-95 m.

Namun, anda bisa memainkan-nya dengan ukuran lapangan sepak bola bebas selama nyaman digunakan untuk bermain.

Bahkan tak jarang masyarakat menggunakan jalan yang sepi dan barang seadanya sebagai gawang, untuk memainkan pertandingan sepak bola ini. Karena itulah bisa dibilang sepak bola adalah olah raga yang murah meriah.

Meskipun begitu ada beberapa peraturan penting yang harus di laksanakan dalam pertandingan sepak bola ini yaitu :

7 Peraturan Sepak Bola dan Penjelasannya

Sebelum melakukan olahraga ini hendaknya Anda diharuskan mengetahui peraturannya terlebih dahulu.

Dengan begitu pertandingan akan menjadi sportif dan tidak saling baku hantam maupun menyakiti perasaan antar kawan maupun lawan bermain.

Alangkah baiknya Anda juga mengetahui teknik-teknik dasar sepak bola. Agar pada saat bermain sepak bola tidak bingung soal langkah mana yang harus dilakukan.

Berikut pitujuh berikan peraturan-peraturan dalam bermain sepak bola.

1. Jumlah Pemain

Jumlah Pemain Sepak Bola

Olah raga yang dilakukan oleh dua kelompok ini secara resmi harus berjumlah 11 orang tiap kelompok.

Dengan begitu jumlah orang yang berada dalam lapangan akan berjumlah menjadi 23 orang, terbagi dalam 22 orang pemain dalam kelompok dan juga 1 wasit yang akan memimpin jalannya pertandingan.

2. Pelanggaran

Pelanggaran Peraturan Lapangan Peraturan Sepak Bola

Pelanggaran dalam sepak bola merupakan kejadian dimana satu atau beberapa pemain melakukan tindakan yang tidak baik.

Bisa berupa mendorong yang terlalu keras, menarik pemain lawan hingga terjatuh, menjegal pemain lawan, hands ball, melakukan tindakan yang dilarang peraturan sepak bola.

Bahkan hingga mengeluarkan kata-kata penghinaan atau kotor jika berpotensi memicu pertengkaran akan menjadi sebuah pelanggaran.

Pelanggaran ini tidak hanya melingkupi pemain dengan pemain lawan. Namun juga antar pemain kepada penonton, misalnya melemparkan sepatu kepada penonton dan masih banyak lagi.

3. Tendangan Bebas

Tendangan Bebas Tujuan Permainan Sepak Bola

Tendangan bebas adalah sebuah tendangan yang dilakukan setelah terjadinya pelanggaran oleh salah satu tim. Tendangan ini dilakukan oleh tim yang tidak melakukan pelanggaran.

Tendangan bebas sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung.

Tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan bebas yang terjadi setelah terjadinya pelanggaran dan berada di wilayah klub yang dilanggar. Tendangan

Tendangan ini dilaksanakan tanpa adanya pagar pemain dari klub yang melanggar. Apabila bola yang di tendang masuk ke gawang lawan tidak akan di hitung sebagai gol. Karena masih di anggap bola mati.

Kecuali sebelum masuk ke gawang lawan, setelah dilakukannya tendangan bebas dan bola telah disentuh oleh salah satu pemain dari kedua klub yang bertanding.

Tendangan bebas langsung, tendangan bebas langsung adalah tendangan yang dilakukan daerah lawan yang melanggar.

Biasanya akan di jaga oleh beberapa pemain dari klub yang melanggar untuk menjadi pagar pemain sehingga membantu penjaga gawang untuk mencegah terjadinya gol.

Namun apabila tendangan ini dilaksanakan dan bola langsung masuk ke gawang lawan. Tanpa tersentuh satu pemain pun akan di hitung sebagai gol.

4. Tendangan Penalty

Tendangan Penalti Dalam Permainan Sepak Bola Dilakukan Dari Jarak Dekat

Pada sebuah pertandingan tertentu biasanya babak final jika skor pertandingan masih sama akan dilakukan penambahan babak 2 x 15 menit.

jika skor tetap sama akan dilanjutkan dengan melakukan adu penalti atau tendangan penalti.

Tendangan penalti adalah tendangan yang dilaksanakan diantara garis gawang pertama dan kedua tanpa dihalangi seorangpun. Hanya penendang bola dan penjaga gawang yang boleh berada dalam kotak garis gawang.

Tendangan ini dilaksanakan karena terjadinya pelanggaran yang dalam kotak pinalti entah itu handball, tackle maupun pelanggaran yang lain.

Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi penendang, karena hampir bisa dipastikan 90% tendangan penalti akan menjadi gol.

Dari adu penalti ini klub yang mendapat dua poin lebih unggul akan di nyatakan sebagai pemenangnya.

5. Offfside

Offside Peraturan Sepak Bola

Offside adalah sebuah peraturan dalam sepak bola berupa pelanggaran yang alias tidak boleh dilakukan dalam pertandingan sepak bola.

Offside ini terjadi karena salah satu pemain dari salah satu klub berada terlalu maju, hingga menempati posisi dibelakang pemain paling akhir tim lawan. Kecuali penjaga gawang dan mendapatkan sebuah bola operan.

Ketika terjadi offside asisten wasit di pinggir lapangan akan mengangkat bendera sebagai tanda pelanggaran offside.

6. Kick Off (Dimulainya pertandingan)

Kick Off Peraturan Permainan Sepak Bola

Kick off ini adalah tendangan yang dilakukan oleh salah satu tim dari titik tengah lapangan untuk memulai pertandingan.

Selain untuk memulai kickoff juga dilakukan setelah terjadinya gol maupun ketika berganti babak kedua.

Selain kickoff sebagai tanda sportif . Agar adil biasanya wasit akan melemparkan bola melambung vertikal keatas. Setelah terjadinya cidera pemain dan ketika bola tak sengaja tersentuh wasit.

7. Wasit

Wasit Peraturan Sepak Bola

Wasit adalah seseorang yang memandu sekaligus hakim dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Wasit berhak menghentikan suatu permainan ketika terjadi pelanggaran. Memberikan kartu kuning sebagai peringatan bagi pemain yang melakukan pelanggaran atau kartu merah bagi pemain yang melakukan pelanggaran keras.

Sehingga harus diberhentikan dari permainan dan diharuskan keluar lapangan.

Wasit juga menentukan apakah sebuah kejadian tertentu termasuk pelanggaran atau tidak dan juga menentukan sah atau tidaknya sebuah gol.

Karena itulah peran wasit sangat diperlukan dalam sebuah pertandingan sepak bola. Wasit juga dibantu dengan asisten wasit.

Asisten wasit adalah seseorang yang membantu wasit utama dari garis tepi lapangan.

Ia akan membantu wasit utama menentukan sebuah pelanggaran yang dekat dengan posisinya, offside, dan bola keluar lapangan atau belum.

Nah, itu tadi adalah 7 peraturan dalam pertandingan sepak bola, dengan begitu harapannya Anda sudah memahaminya.

Suatu saat ketika melakukan sebuah pertandingan nanti, Anda tidak bingung dan juga sportif serta adil kepada lawan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *