Cara Merawat Hamster

  • 4 min read
  • Apr 24, 2021

Hamster adalah hewan pengerat sejenis dengan tikus, yang digemari dan dipelihara oleh kebanyakan orang karena bentuknya yang mungil dan lucu. Walaupun begitu hewan peliharaan satu ini mudah terserang penyakit dan mati.

Umumnya hamster dapat bertahan hidup sampai 2-3 tahun. Tentu Anda sendiri tidak mau cepat-cepat berpisah dengan hewan peliharaan mungil satu ini.

Mungkin banyak sebagian orang mengira bahwa merawat hamster itu sulit. Tetapi, sebenarnya merawat hamster tidaklah sulit dan sangat mudah.

Cara Merawat Hamster Yang Harus Dipahami Pemula

Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan di dalam merawat hamster. Namun, Adapun yang wajib diketahui dalam merawat maupun memelihara hamster seperti, asupan makanannya dan kebersihan hamster itu sendiri,

Maka dari itu, Pitujuh.com hadir untuk memberikan ulasan mengenai cara merawat hamster yang harus dipahami bagi pemula.

Berikut 7 Cara Merawat Hamster yang Harus Dipahami bagi Pemula.

Simak cara merawat hamster yang harus dipahami bagi pemula berikut ini.

1. Pilih Jenis Hamster yang Ingin Dipelihara

Pilih Jenis Hamster Yang Ingin Dipelihara Cara Merawat Hamster Roborovski

Seperti halnya dengan hewan peliharaan lainnya seperti anjing dan kucing, beda jenis beda pula cara penanganan-nya.

Sehingga untuk memulai memelihara hamster hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah jenis hamster apa yang ingin dipelihara.

Dengan begitu Anda akan paham apa yang harus dilakukan untuk di berikan pada hamster tersebut.

Maka dari itu, sebelum Anda membeli hamster sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis hamsternya dengan menanyakannya kepada penjual-nya.

Jenis hamster pun bermacam-macam seperti hamster bermata merah (winter white), hamster syrian dan yang paling populer jenis hamster cina. Karena jenis tersebut dapat berpasang-pasangan dengan jenis hamster lainnya dengan baik.

2. Memilih Kandang Sesuai Jenis Hamster

Memilih Kandang Sesuai Jenis Hamster cara Menjaga Hamster Dengan Baik

Hal kedua yang bisa Anda lakukan ialah memilih kandang. Biasanya Anda bisa dengan gampang untuk mendapatkan kandang hamster di petshop sekitar tempat tinggalmu.

Ciri khas dari kandang hamster biasanya dibuat dari jeruji besi dengan rongga-rongga yang tidak mudah untuk ditembus oleh hamster yang berukuran kecil.

Tentunya, jangan lupa untuk memperhatikan sirkulasi udara dan cahaya yang masuk pada kandang.

Ukuran kandang pun bisa disesuaikan dengan jenis hamster yang kamu pelihara. Untuk hamster Syrian kamu bisa memelihara satu ekor dalam kandang berukuran kecil hingga sedang.

Sementara untuk hamster Roborovski, kamu bisa memelihara lebih dari dua ekor dalam satu kandang sehingga butuh ukuran yang lebih besar, nih.

Untuk ukuran kandangnya biasanya menyesuaikan dengan jenis hamster yang Anda pelihara. Dimana untuk jenis hamster syrian Anda dapat memelihara satu ekor saja dengan kandang berukuran kecil sampai sedang.

Bagi yang memiliki hamster roborovski, Anda bisa memelihara lebih dari satu ekor dengan satu kandang yang agak besar.

Jenis-jenis hamster tertentu, memiliki kebutuhan kandang yang berbeda, lho. Misalnya untuk hamster Syrian kamu hanya bisa memelihara satu ekor dalam kandang berukuran kecil hingga sedang.

Pada jenis-jenis hamster tertentu, mereka memiliki kebutuhan kandang yang berbeda-beda pula. Contohnya saja seperti hamster campbell Anda bisa memelihara 2 ekor sekaligus dalam satu kandang dengan kandang berukuran sedang.

3. Mengganti Serbuk Kayu pada Kandang

Mengganti Serbuk Kayu Pada Kandang Cara Merawat Hamster Yang Baru Lahir

Kandang hamster biasanya identik dengan serbuk kayu yang terdapat didalamnya. Dimana merupakan kebutuhan umum untuk hamster yang berguna sebagai alas dan tempat beraktivitas.

Serbuk kayu ini biasanya berupa pasir zeolit atau serbuk kayu itu sendiri.

Alas kandang yang berupa serbuk kayu ini biasanya berfungsi juga sebagai tempat untuk membuang kotoran atau pun sisa-sisa makanan.

Di antara bahan lainnya, serbuk kayu-lah yang memang menjadi pilihan untuk alas hamster. Dikarenakan bahannya yang alami sehingga tidak melukai atau membahayakan kesehatan hamster Anda.

Bagi Anda yang memang ingin menjaga dan merawat hamster dengan baik. Sebaiknya mengganti serbuk kayu setiap satu bulan sekali.

Dimana ini untuk menghindari agar hamster tidak terkena penyakit.

4. Memberikan Makan Secara Teratur

Memberikan Makan Secara Teratur Cara Merawat Hamster Yang Luka

Cara merawat hamster agar sehat selanjutnya yaitu pastikan Anda memberikan makan secara teratur.

Hamster sama halnya juga dengan manusia yang membutuhkan makan dan minum, agar bisa berlari dan bermain kesana-kemari.

Anda mungkin bertanya apakah makanan dari hamster? biji bunga matahari. Jawaban ini tentunya tidak semata-mata salah. Hanya saja jika Anda memberikan terlalu banyak asupan biji bunga matahari, maka akan membuat hamster tersebut bertambah gemuk.

Dikarenakan di dalam biji bunga matahari terdapat suatu kandungan yang cukup tinggi bagi seekor hamster.

Untuk Anda yang ingin memberikan makanan hamster jangan sekali-kali ditabur makanannya. Karena bisa saja tercemar dengan kotoran yang dapat menyebabkan peliharaan Anda sakit.

Pada memberikan makanan hamster dianjurkan sebanyak dua kali dalam sehari. Tentu saja tidak lupa untuk memberikan persediaan air untuk hamster.

5. Berikan Aksesoris Hamster dalam kandang

Berikan Aksesoris Hamster Dalam Kandang Cara Merawat Hamster Agar Tidak Mati

Selanjutnya, cara merawat hamster dengan baik ialah berikan mainan atau aksesoris di dalam kandangnya.

Hal ini memang terlihat cukup sederhana. Tetapi, bukan semata-mata hanya untuk hiasan. Dengan adanya mainan di dalam kandang, hamster Anda pun bisa bermain, bersembunyi dan juga tidur di mainan tersebut.

Tentunya hewan peliharaan kecil nan mungil ini tidak mengalami bosan dan stress jika ada mainan di dalam kandangnya.

Anda bisa menambahkan aksesoris atau mainan seperti, roda berputar, terowongan, bola dan masih banyak lagi tentunya. Anda bisa membeli aksesoris ini di petshop terdekat di rumah Anda.

6. Jangan Memandikan Hamster dengan Air

Bagaimana Cara Membersihkan Hamster Jangan Memandikan Hamster Dengan Air

Ketika melihat hamster Anda lusuh,kucel dan kotor. Yang terlintas di pikiran Anda pasti langsung memandikan hamster dengan air.

Tetapi ini bisa membuat hamster Anda cepat sakit dan bahkan bisa mati. Dikarenakan hamster sensitif dengan air.

Maka dari itu, untuk memandikan hamster Anda hanya perlu menyediakan kamar mandi untuk hamster atau tempat khusus.

Dimana nanti tempat khusus tersebut diisikan pasir atau serbuk halus yang bernama chincilla. Ini sebagai pengganti air untuk membersihkan hamster Anda.

7. Bersihkan Kandang Secara Teratur

Bersihkan Kandang Secara Teratur Cara Merawat Hamster Yang Masih Kecil

Terakhir untuk merawat hamster yang baik dan benar ialah membersihkan kandang secara teratur.

Tentunya hal ini sudah menjadi kewajiban bagi Anda dalam memelihara hamster. Jika kandang hamster bau dan kotor ini dapat menyebabkan hamster tidak betah dan bisa saja terkena penyakit.

Maka dari itu, cara merawat hamster agar tidak cepat mati juga bisa dipengaruhi oleh faktor kebersihan. Untuk membersihkan kandang hamster Anda bisa melakukannya setiap seminggu sekali.

bisa membuat hewan peliharaanmu ini tetap sehat dan lincah. Adapun beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai berikut.

Dengan membersihkan secara teratur hewan peliharaan Anda bisa tetap sehat dan aktif. Adapun beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan sebagai berikut.

  • Pindahkan terlebih dahulu hamster Anda ke kandang lain yang mempunyai ventilasi udara yang baik.
  • Bersihkan seluruh bagian pada kandang dengan menyemprotkan disinfektan untuk mencegah bakteri atau kuman yang masih hinggap di kandang. Dimana bisa berbahaya bagi hamster.
  • Kemudian, keringkan kandang dengan mainan atau aksesoris yang ada.
  • Kegiatan terakhir ialah letakkan kembali aksesoris ke dalam kandang. Tidak lupa dengan hamster-nya, pastikan Anda memegang secara hati-hati dan jangan sampai terlepas dari genggaman.

Nah itu tadi, 7 cara merawat hamster dengan baik dan benar bagi pemula. Jangan lupa untuk memberikan kasih sayang juga terhadap hamster, agar hamster terbiasa dan jinak dengan Anda.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *