Tips Dalam Mencari Inspirasi Nama Brand Online yang Kreatif

  • 4 min read
  • Oct 10, 2021

Ketika Anda ingin terjun dan memulai sebuah bisnis baik itu menjual produk maupun jasa, ada satu hal yang harus dipikirkan ialah nama brand atau kerap dikenal dengan merek. Dimana dalam membuat nama brand ini adalah hal yang terbilang sangat penting. Pasalnya, pemilik bisnis pastinya ingin sekali nama brand-nya terkenal dan diingat banyak orang, terutama oleh konsumen-nya

Hanya saja, masih banyak pebisnis yang belum memahami betapa pentingnya dalam memilih brand produk yang dimiliki. Adapun beberapa orang yang memilih brand asal-asalan untuk produk bisnisnya.

Tips Mencari Inspirasi Nama Brand Kreatif

Alhasil yang didapatkan sangat mengecewakan, dimana diharapkan dapat berkembang pesat. Hal ini, dikarenakan tidak tepat pada saat pemilihan atau membuat nama brand.

Maka dari itu, Pitujuh.com hadir untuk memberikan cara dalam mencari inspirasi nama brand creative. Karena dalam sebuah produk yang sukses maka terdapat brand yang dikenal dan mudah diingat oleh masyarakat.

Berikut 7 Cara Mencari Inspirasi Nama Brand Online Kreatif

1. Tepat Sasaran dengan Target pasar

Pertama kali yang harus Anda perhatikan dalam membuat nama brand online yaitu memperhatikan pasar. Anda harus bisa mempelajari dan memahami market yang akan dibidik, terpenting dalam permasalahan juga keinginan konsumen.

Misal target pasar-nya ialah kaum milenial, anak kuliahan, wanita muda, feminim. Nah, kira-kira ini cocok dan condong pada merek apa ya? Anda dapat gunakan dengan bantuan nama seseorang yang mirip-mirip seperti produk Anda. Contohnya, “Butik Asri” dimana ini untuk produk fashion dan nama brand hijab.

2. Merek yang Belum Pernah Dipakai

brand alias merek adalah wajah dari bisnis Anda. Anda tentu tak mau dong menggunakan ‘wajah’ yang mirip dengan bisnis lain?

Setelah Anda sudah menentukan target pasar. Tahap kedua dalam mencari inspirasi untuk membuat nama brand yaitu memiliki nama merek. Dimana nama merek atau brand ini ialah wajah dari bisnis yang Anda miliki. Tentunya, Anda tidak mau dong wajah atau merek bisnis Anda sama dengan bisnis lain.

Untuk itulah perlu Anda ingat dalam menentukan produk adalah yang belum pernah dipakai. Lalu bagaimana caranya mengetahui nama brand tersebut sudah dipakai atau belum? cara yang paling mudah ialah dengan menggunakan google.

Mula-mula Anda bisa menulis kolom di pencarian google dengan merek yang Anda dambakan, jika muncul dan terdapat nama yang sama. Alangkah baiknya, Anda untuk menggantinya yang lain.

Sangat dikhawatirkan jika memakai nama brand yang sama, Anda dapat terkena pelanggaran hak cipta. Dimana nantinya produk Anda akan kalah bersaing dan tidak tepat sasaran kepada konsumen. Agar lebih aman, Anda bisa mencari-cari informasi pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Dimana hal ini untuk memastikan apakah merek yang nantinya Anda gunakan sudah dipakai orang atau belum.

3. Unik dan Menarik

“Mie ayam goreng” tentunya terbesit di benak Anda? mie ayam kok digoreng. Bukannya mie ayam itu identik dengan adanya kuah. Dengan begitu, walaupun Anda belum pernah mencobanya, tetapi nama merek tersebut sudah pasti bikin orang penasaran dan ingin segera mencobanya.

Sama halnya dengan Gojek, Google, Facebook, telor gulung apa yang membuat brand ini populer? Tentu saja yaitu nama brand yang dimiliki ialah sangat unik dan menarik.

Nah, untuk tips berikutnya dalam inspirasi nama brand produk ialah mencari nama yang unik dan menarik di mata para konsumen.

Tentunya nama yang unik, dapat membuat konsumen tertarik Contohnya saat ini seperti menantea. Yup, produk yang dikeluarkan oleh seorang youtuber Jerome Polin begitu terkenal dikarenakan unik. Nama menu-menu yang diberikan untuk produknya pun sangat unik contohnya MatemaTEAka, InTEAgral, dan Mantappu Tea.

Nama-nama unik ini bahkan sanggup membuat merek bertahan sampai puluhan tahun dan tidak tergesse oleh produk yang sama dikarenakan memiliki tingkat brand sangat kuat juga unggul.

4. Mudah Diingat dan Diucapkan

Tidak hanya merancang sebuah nama untuk merek atau brand yang bersifat unik dan menarik saja. Namun, nama juga harus mudah diingat dan diucapkan oleh orang lain maupun konsumen. Agar orang lebih mudah mencerna dan tentunya tidak mudah lupa. Selain itu juga, nama harus mudah untuk didengarnya.

Pastikan Anda hindari dalam penggunaan nama yang susah diucapkan dan rumit ketika didengar. Seperti halnya juga jangan menggunakan nama asing. Dikarenakan tidak semua orang paham dan mengetahui bahasa asing tersebut. Bersamaan dengan penulisan dan pengucapan dari bahasa asing itu sendiri tidak akan sama dengan bahasa asing dari daerah lainnya. Maka kemungkinan terbesar konsumen Anda akan sulit untuk mengingatnya dan lupa dengan brand tersebut.

Contohnya saja seperti Sate Sapi Pak Kempleng, di mana dengan menggunakan merek Pak Kempleng sudah pasti mudah diucapkan pada semua kalangan.

Tentu saja hasilnya berbeda apabila Anda memberi nama restoran Sate Sapi Pak Kmlpeeng yang dapat membuat orang lain maupun konsumen kesulitan dalam mengucapkannya.

5. Hindari Pemakaian Singkatan

Contoh nama brand populer yang memakai singkatan yaitu KFC (Kentucky Fried Chicken). Akan tetapi bagi Anda yang baru saja berbisnis, disarankan untuk tidak menggunakan nama produk dengan singkatan.

Memang jika dipikir-pikir nama merek yang berwujud singkatan sangat mudah untuk diingat. Namun, fakta-nya nama dengan menggunakan singkatan itu benar-benar harus dihindari. Dikarenakan singkatan ini mempunyai dampak yang bisa dikatakan bersifat negatif. Di mana nantinya, pelanggan yang baru pertama kali mendengar nama berupa singkatan akan merasa bingung dan awkward.

Mengapa demikian? Dikarenakan calon pelanggan tersebut pastinya merasa asing juga tidak mengetahui perihal singkatan nama yang dipakai dan digunakan. Selain dari, singkatan yang sudah banyak dipakai dalam bisnis lain. Sehingga untuk pemilihan nama atau singkatan tersebut akan terasa memiliki kesamaan dengan nama yang dipakai dalam bisnis lainnya.

6. Deskriptif

Dalam membuat nama online shop perlu dicermati yaitu membuat deskriptif. Dimana dengan membuat deskriptif artinya, nama yang digunakan akan langsung mampu menjelaskan produk maupun layanan yang Anda berikan. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu repot-repot dalam menjelaskan produk yang ditawarkan atau pun dijual.

Dari tips-tips yang sudah diberikan di atas, membuat nama toko yang deskriptif terbilang cukup gampang. Anda bisa dengan mengumpulkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis. Kemudian, tinggal dipilih salah satu dari nama toko yang bagus dan pas dengan online shop Anda.

7. Menggunakan Angka pada Nama Brand

Tips yang terakhir yaitu menggunakan Angka untuk nama brand. Jarang sekali di temui brand-brand yang menggunakan angka. Pasalnya, penggunaan angka juga tidak menutup kemungkinan untuk nama memberikan pengaruh baik dalam bisnis. Di mana dari pemakaian angka pada nama brand tersebut terlihat lebih aesthetic.

Hanya saja, dalam menggunakan angka Anda bisa mengambil dari bahasa asing yang merupakan angka tersebut. Namun, tetap yang dipilih ialah bahasa asing yang mempunyai penulisan dan penyebutan mirip. Jangan sampai berbeda. Agar nama tersebut tidak sulit untuk disebutkan pelanggan maupun konsumen suatu saat.

Demikian ulasan tentang 7 tips mencari inspirasi nama brand online kreatif. Pastikan Anda sekalian memilih nama brand online yang kreatif, menarik, mudah dibaca dan diucapkan. Agar konsumen dapat mengenal produk atau pun bisnis yang Anda jual.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *