Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Rumah

  • 5 min read
  • Oct 02, 2020

Pada masa-masa ini, Anda diharuskan melakukan jaga jarak atau social distancing. Pada masa ini tentunya banyak orang harus melakukan daring (dalam jaringan internet).

Kegiatan daring ini merupakan pekerjaan dari rumah, bersekolah dari rumah, tidak boleh di tempat kerumunan banyak orang, tidak boleh berkumpul-kumpul dan hanya dibolehkan keluar pada saat butuh saja.

Tentu nya tempat-tempat gym dan tempat perkumpulan kegiatan kebugaran pun juga ikut tutup. Padahal saja di masa ini badan harus tetap vit dan harus banyak bergerak. Maka dari itu Anda harus melakukan kegiatan olahraga ringan di rumah.

Olahraga Ringan Yang Dilakukan Di Rumah

Apa pengertian olahraga ringan itu?

Olahraga ringan adalah latihan yang membutuhkan sedikit tenaga dibandingkan dengan latihan dengan level sedang atau level berat.

Tentunya dengan olahraga mudah ini dapat membantu atau memperbaiki kesehatan pikiran dan mental Anda. Tidak hanya itu saja, olahraga ini dapat membantu meningkatkan energi agar Anda dapat memiliki produktivitas tinggi pada saat belajar di rumah maupun bekerja di rumah.

Pada artikel ini pitujuh.com sudah merangkum untuk Anda mengenai macam-macam olahraga ringan yang dapat Anda lakukan di rumah.

Berikut 7 Olahraga Ringan yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

 Simak olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah berikut:

1. Squat

Squat Olahraga Ringan Di Rumah

Olahraga ringan di rumah yang pertama ialah gerakan squat. Gerakan squat ialah gerakan atau latihan untuk melatih tubuh bagian bawah seperti paha, betis dan kaki. Olahraga squat fokus pada memperkuat kekuatan tubuh bagian bawah.

Gerakan squat bisa Anda lakukan di rumah dikarenakan gerakan squat ini cukup sederhana hanya berdiri dan jongkok. Memang kelihatannya gerakan cukup berat, tetapi jangan salah banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam olahraga yang satu ini.

Manfaat olahraga ringan squat antara lain dapat membangun kekuatan pada otot kaki, betis, paha depan, paha belakang dan bisa juga dapat meningkatkan masa otot.

Ketika Anda melakukan gerakan squat ini dengan benar Anda juga bisa menguatkan sendi-sendiri yang berada pada lutut, pergelangan kaki dan juga pinggul dalam waktu yang bersamaan.

Olahra ringan squat sendiri juga bisa untuk membakar lemak-lemak yang ada di dalam tubuh Anda, menurunkan berat badan dan mengencangkan paha. Squat bisa menjadi alternatif olahraga ringan untuk diet.

Cara melakukan squat juga sangat mudah. Pertama-tama adalah buka kaki selebar-lebarnya ke arah samping. Setelah itu, tekuk lutut Anda serendah mungkin.

Selanjutnya, tahan posisi ini selama beberapa detik lalu bangkit dan Anda ulang gerakan ini sampai 10 atau 20 kali. Lakukan secara rutin dan setiap hari Anda akan dapat merasakan manfaatnya!

2. Push Up

Push Up Olahraga Ringan Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Olahraga ringan yang selanjutnya adalah push up. Push up ialah suatu gerakan olahraga yang berguna untuk membentuk dan meningkatkan otot perut dan lengan. Banyak macam-macam gerakan yang dapat Anda lakukan dalam olahraga ringan push up.

Bagi orang baru atau pemula bisa melakukan gerakan wall push up. Wall push up sendiri tidak sulit untuk dilakukan Anda hanya cukup berdiri di depan tembok dengan jarak satu lengan. Kemudian, buka kaki selebar bahu.

Selanjutnya, arahkan telapak tangan pada tembok dan tekan lengan Anda dengan cara meluruskan lengan dan menekuk lengan. Ini dilakukan agar tidak memberikan tekanan berlebihan pada otot sendi-sendi Anda.

Selain gerakan wall push up biasa, ada juga wide grip push up. Wide grip push up ini bertujuan untuk melatih otot dada dengan posisi badan Anda seperti melakukan push up biasa. Dimana dengan menggeser telapak tangan ke arah samping hingga posisinya lebih lebar dari bahu.

Posisi seperti itu akan membuat beban yang ada di dalam diri Anda berpusat kepada dada dan juga bahu. Jadi, gerakan ini efektif bagi Anda yang ingin melatih otot dada dan juga membentuk dada menjadi bidang.

Adapun olahraga ringan push up untuk wanita juga. Bagi wanita Anda bisa mencoba gerakan push up dengan menggunakan lutut sebagai tumpuan tubuh pada bagian bawah. Selanjutnya, silangkan kaki Anda dan kemudian lakukan seperti pada saat push up biasa.

Dengan lutut sebagai tumpuan dan penopang badan Anda jadi lebih memiliki keseimbangan dan tentunya menjadi mudah untuk dilakukan. Push up bisa menjadi salah satu olahraga ringan di rumah untuk wanita.

3. Sit Up  

Sit Up Olahraga Ringan Di Rumah

Olahraga ringan ketiga yang dapat Anda lakukan di rumah yaitu sit up. Sit up ialah salah satu gerakan olahraga yang bertujuan melatih otot perut, panggul, pinggang bagian bawah, dada dan juga otot leher.

Gerakan sit up cukup mudah Anda lakukan. Anda hanya perlu berbaring dengan posisi terlentang setelah itu, lutut di tekuk dan tambahkan beban atau orang untuk menahan ujung kaki agar tidak bergerak-gerak.

Setelah itu angkat atau naik-kan kepala dan badan Anda, pastikan posisi kedua tangan memegang kepala bagian bawah agar tidak terbentur pada saat Anda menurunkan badan.

4. Skipping

Skipping Olahraga Ringan Di Rumah

Selanjutnya Jenis olahraga ringan yang dilakukan di rumah adalah skipping. Olahraga skipping atau biasa juga dengan olahraga lompat tali.

Skipping adalah olahraga yang menggunakan tali sebagai media untuk olahraga yang digerakkan dengan cara diputar menggunakan kedua tangan.

Skipping ialah salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja. Olahraga ini juga terbilang mudah untuk Anda lakukan di rumah.

Olahraga skipping mempunyai beragam variasi gerakan sesuai dengan tujuannya masing-masing. Jika Anda memang ingin mengecilkan bagian paha Anda bisa melakukan gerakan skipping seperti squat jump dan lunge jump sambil skipping.

Jika Anda bertujuan juga untuk membentuk otot perut, bisa melakukan skipping sambil mengangkat sampai di bawah puser. Olahraga ringan untuk pemula salah satunya skipping mempunyai beragam manfaat.

Manfaat yang Anda dapatkan dengan melakukan skipping antara lain dapat membakar kalori secara intensif dan juga melatih detak jantung Anda. Skipping ini bisa menjadi salah satu olahraga ringan untuk anak SD.

5. Plank

Plank Olahraga Ringan Di Rumah

Olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah yang kelima ada plank. Plank adalah suatu bentuk latihan olahraga yang dapat memperkuat tubuh dikarenakan otot terlibat semua.

Plank juga bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang sepeser-pun untuk melakukan olahraga ringan yang satu ini.

Olahraga ini cocok bagi Anda yang memang super sibuk dan memiliki keterbatasan waktu tentunya. Olahraga ringan plank ini bertujuan untuk memperkuat otot-otot pada bahu, kaki, dada dan punggung.

Hanya dengan melakukan plank setiap hari Anda dapat membakar kalori lebih banyak dibanding dengan melakukan sit up. Plank ini kelihatan mudah untuk dilakukan tapi ternyata ini cukup sulit.

Menahan posisi plank ini walaupun hanya 30 menit seperti berasa 2 jam. Pertama coba Anda lakukan olahraga plank ini selama 20 menit plank. Jika sudah bisa, maka tambahkan dan tingkatkan durasi-nya.

6. Yoga

Yoga Olahraga Ringan Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Selanjutnya yang ke enam adalah olahraga Yoga. Yoga adalah salah satu latihan untuk mencapai ketenangan batin dengan penyatuan jiwa spiritual dan jiwa universal.

Olahraga yoga adalah olahraga yang paling cocok untuk masa kini. Yoga juga bisa menjadi solusi untuk menjadi tetap sehat.

Yoga olahraga ringan yang lebih fokus pada teknik pernapasan. Yoga dinilai dapat membantu proses pengiriman oksigen untuk otak, berpikir jernih dan juga merasa tenang.

Yoga juga bisa dilakukan kapan pun. Contoh olahraga ringan di pagi hari yang sangat cocok bagi admin dikarenakan akan membuat rileks pikiran.

7. Naik Turun Tangga

Olahraga Ringan Di Rumah Dengan Naik Turun Tangga

Olahraga ringan yang dapat di lakukan di rumah adalah naik turun tangga. Hal ini hampir setiap orang dapat melakukannya.

Mungkin sebagian orang naik turun tangga ialah hal yang sepele. Tetapi dibalik itu adapun manfaat dari naik turun tangga ini sendiri yaitu membantu menurunkan kalori yang ada pada tubuh anda sebesar 170 kalori.

Naik turun tangga ini bisa menjadi olahraga ringan untuk mengecilkan perut dan juga untuk menurunkan berat badan. Lakukan olahraga ini dengan normal dan jangan terlalu dipaksakan.

Baca juga : Kesenian Indonesia yang Mendunia

Demikian ulasan mengenai 7 olahraga ringan yang dapat Anda lakukan di rumah. Silahkan lakukan olahraga ringan ini agar tubuh Anda sehat dan pikiran Anda tenang.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *