Tanaman Langka Di Indonesia yang Konon Katanya Terancam Punah

  • 4 min read
  • Aug 02, 2021

Indonesia merupakan negara yang kaya akan flora dan fauna. Hal ini dikarenakan negara Indonesia ini memiliki iklim tropis, dimana sangat kondusif bagi tanaman dan juga hewan untuk hidup. Indonesia juga berada pada peringkat ke-2 di dunia setelah Brazil pada keanekaragaman flora dan fauna-nya.

Indonesia juga mempunyai hutan tropis yang luasnya sekitar 130,62 juta hektar. Pada hutan tropis ini menjadi tempat habitat bagi setiap spesies, sebanyak 17 spesies hewan dan tumbuhan yang ada pada hutan tersebut.

Bunga Raflesia Arnoldi

Sayangnya, pada saat ini hutan tropis luasnya kian berkurang setiap tahunnya. Hal ini diakibatkan banyaknya pembabakan liar dan pembakaran hutan (perambahan).

Akibatnya terjadi kepunahan yang mengancam satwa di Indonesia dan bermacam-macam jenis tanaman. Maka dari itu, pitujuh.com hadir untuk memberikan informasi mengenai tanaman langka di Indonesia yang dilindungi. Mari simak berikut ini!

Berikut 7 Tumbuhan yang Hampir Punah di Indonesia

Silahkan simak tanaman langka di Indonesia dan penjelasannya berikut ini:

1. Rafflesia Arnoldi

Tanaman langka di Indonesia yang pertama ada bunga rafflesia arnoldi. Rafflesia arnoldi adalah salah satu tanaman langka di dunia yang mempunyai ciri khas seperti bunganya berwarna kemerahan dan memiliki bintik-bintik. Tanaman langka dan mahal satu ini di kenal juga sebagai bunga terbesar di dunia dengan memiliki diameter sebesar 105 cm dan beratnya yaitu hingga mencapai 11 kilogram.

Nama dari Rafflesia arnoldi ini berasal dari kombinasi nama sang penemu-nya yang bernama Dr. Joseph Arnold dan juga seorang pemandu yang memimpin ekspedisi bernama Thomas Stamford Raffles. Tumbuhan langka di dunia ini dikelompokkan dalam keluarga Euphorbiaceae.

Menariknya pada bunga rafflesia arnoldi ini dapat mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat untuk penyerbukan dengan dibantu oleh lalat. Maka dari itu, masyarakat maupun orang-orang menjuluki-nya dengan nama bunga bangkai.

Tumbuhan yang hampir punah di Indonesia satu ini mampu mempertahankan hidupnya dengan cara merebut makanan dari pohon inang-nya. Dikarenakan tumbuhan langka sumatera ini tidak mempunyai akar sejati, hanya memiliki akar semu. Dimana akar semu ini berguna untuk menyerap nutrisi dari pohon inang-nya.

Bunga unik rafflesia arnoldi ini berada di pulau Sumatera, tepatnya pada bagian selatan (Jambi, Sumatera selatan dan Bengkulu). Anda dapat melihat spesies satu ini di Taman Nasional Kerinci Seblat.

2. Kantong Semar

Contoh tanaman langka di Indonesia berikutnya yaitu ada kantong semar. Kantong semar adalah tumbuhan karnivora yang terdapat pada hutan Kalimantan. Jenis tanaman langka satu ini ditemukan oleh J.P Breyne tepatnya pada tahun 1689.

Kantong semar ini memiliki bentuk yang unik dan dengan tampilan mirip seperti kantong. Dikarenakan tanaman ini membulat pada bagian ujungnya juga menggantung.

Tanaman langka di Kalimantan satu ini memiliki sebutan yang berbeda dari tempat satu dengan tempat lainnya. Kantong semar sendiri tergolong tumbuhan karnivora, dikarenakan ia memakan serangga menggunakan ujung kantongnya.

Kantong semar ini dapat hidup pada lingungan dataran rendah, hutan gambut, padang savana, hutan hujan tropik dan masih banyak lainnya.

Adapun ciri-ciri dari kantong semar ini ialah hanya memiliki dua lembar daun, dengan ditutupi bulu-bulu halus dan berengsel. Bulu-bulu halus ini berguna untuk menunjukkan adanya suatu keberadaan dari serangga seperti semut, lebah dan lainnya.

Hanya saja sangat disayangkan, tanaman langka di hutan satu ini keberadaannya semakin berkurang dan harus dilindungi.

3. Edelweiss Jawa

Jenis tanaman langka di Indonesia selanjutnya ada Edelweis Jawa. Edelweis jawa menyandang gelar sebagai ‘bunga abadi’ yang dimana bunga dan daun-nya tidak pernah layu. Bunga satu ini pun kental dan melekat dengan lambang kesetiaan, dikarenakan tanaman langka di jawa ini dapat hidup pada daerah yang ekstrim dan kering.

Bunga edelweiss ini hidup di kawasan sekitar pegunungan dan biasanya tanaman langka di Indonesia ini berkembang sehabis terjadinya erupsi.

Sayangnya, populasi dari edelweiss jawa ini perlu dilakukannya perlindungan dan terbilang langka. Hal ini diakibatkan dari ulah para pendaki gunung yang memetik jenis bunga hias ini untuk dijadikan sebagai hadiah.

Untuk saat ini bunga edelweiss Jawa dapat Anda temukan pada wilayah gunung rinjani, dan gunung gede.

4. Bunga Bangkai

Tanaman langka di indonesia satu ini banyak yang menganggap sama dengan bunga besar Rafflesia arnoldi. Melainkan sangat berbeda, jika bunga bangkai memiliki nama ilmiah sebagai Amorphophallus sedangkan untuk bunga rafflesia arnoldi mempunyai nama latin sebagai Rafflesia.

Bunga bangkai ini mempunyai keunikan yaitu mempunyai warna yang menarik dan indah untuk dipandang. Tentunya bunga ini memiliki bau busuk mirip seperti bangkai. Tanaman langka di Indonesia satu ini mempunyai badan yang besar sehingga bagi Anda yang ingin memetik-nya terbilang susah.

Anda bisa melihat bunga satu ini di kebun raya bogor. Tanaman langka di kebun raya bogor satu ini adalah bunga tertinggi di dunia.

5. Anggrek Hitam

Berikutnya, tumbuhan langka di Indonesia yang dilindungi karena hampir punah adalah anggrek hitam. Dimana anggrek hitam mempunyai warna yang khas ialah kehitaman sesuai dengan tempat di lidah bunganya. Jenis tanaman langka di Indonesia satu ini banyak tersebar tepatnya di daerah Kalimantan.

Ciri-ciri dari 3 jenis tanaman langka di Indonesia ini antara lain, memiliki kelopak yang berbentuk seperti pisau kecil bermata dua yang sangat tajam, juga mempunyai warna dominan yaitu hijau lancip dan panjang. Adapun anggrek hitam ini memiliki mahkota berbentuk lanset dan lancip. Daun-nya mempunyai warna hijau berbentuk memanjang.

Tanaman langka di Indonesia beserta tempat asalnya Kalimantan ini salah satu tanaman langka yang hidup pada hutan hujan tropis tersebut. Sayangnya, bunga anggrek ini banyak diburu para kolektor dan mengakibatkan tumbuhan ini menjadi langka juga harus dilindungi.

6. Cendana

Selanjutnya, ada tanaman langka dari sulawesi ialah pohon cendana. Pohon cendana dapat Anda temukan di Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di Pulau Sumba. Pohon cendana adalah pohon yang menghasilkan kayu dan termasuk kedalam golongan kayu mewah juga memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri-ciri tanaman langka dan mahal satu ini antara lain mempunyai batang yang berbentuk bulat, memiliki warna coklat dan diameternya mencapai 25 cm hingga 30 cm. Adapun daun-nya berbentuk seperti elips dengan memiliki ujung yang lancip. Mempunyai bunga dengan kelopak bunga berjumlah 5 buah dan berwarna merah.

Pohon cendana mempunyai ciri khas dengan kayu cendana yang dapat menghasilkan aroma spesifik dan bisa dijadikan sebagai minyak atsiri. Tidak hanya kayu saja, melainkan mulai dari seluruh akar hingga batangnya dapat Anda manfaatkan sebagai obat-obatan dan kerajinan.

7. Pohon Damar

Pada urutan ketujuh flora khas Indonesia yang terbilang langka yaitu pohon damar. Pohon damar ini adalah salah satu pohon yang berada di Indonesia yang dimana merupakan penghasil utama dari getah damar. Pohon damar ini sering disebutkan sebagai damar raja dan mempunyai nama ilmiah tumbuhan sebagai Agathis Damara.

Pohon damar ini tersebar diantaranya kepulauan Maluku dan pulau Sulawesi. Tapi sekarang pohon damar ini sudah banyak dilestarikan pada perkebunan-perkebunan di pulau Jawa. Ciri-ciri tanaman langka di Indonesia satu ini mempunyai ukuran yang sangat besar mencapai 65 meter dengan diameter 1,5 meter. Memiliki kulit batang berwarna coklat atau pun abu-abu muda. Daun-nya mempunyai bentuk bulat memanjang dan memiliki tulang daun sejajar.

Manfaat dari pohon damar tanaman langka di Indonesia yang dilindungi ini sebagai pohon peneduh dan penghijauan. Untuk kayunya sendiri dapat dijadikan sebagai bahan bangunan.

Demikian ulasan mengenai 7 daftar tanaman langka di Indonesia yang mudah ditemukan di Indonesia. Untuk itu budidaya-kan terhadap bunga-bunga atau tumbuhan tersebut.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *