Tips Merawat Mouse Wireless Agar Awet

  • 3 min read
  • Sep 24, 2020

Mouse adalah salah satu bagian dari perangkat komputer yang sangat penting. Dengan menggunakan mouse kerja Anda atau kegiatan main game Anda akan lebih cepat dan lebih nyaman.

Disebut dengan mouse karena bentuknya memang mirip dengan binatang mouse (dalam bahasa Indonesia artinya tikus). Dan mouse ini sangat pas di genggaman tangan yang membuat aktivitas di komputer menjadi nyaman.

Setidaknya ada dua jenis mouse yang ada di pasaran sekarang ini. Jenis mouse itu antara lain mouse kabel dan nirkabel.

Tips Cara Merawat Mouse Wireless

Mouse kabel merupakan mouse konvensional yang menggunakan kabel sebagai penghubung ke perangkat PC atau laptop. Sementara mouse nirkabel merupakan mouse yang menggunakan sinyal wireless atau bluetooth agar terhubung dengan perangkat.

Kedua jenis mouse tersebut juga berbeda cara perawatannya. Mouse kabel mendapatkan daya langsung dari komputer. Sedangkan mouse nirkabel atau mouse wireless memiliki 2 bagian.

Bagian mouse-nya sendiri harus menyediakan daya sendiri yaitu dari baterai. Bagian lainnya yaitu USB stick-nya yang mendapat daya dari komputer.

Mouse wireless khususnya terbilang lebih sensitif sehingga membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Kalau tidak dirawat mouse ini akan cenderung lebih mudah rusak.

Sebaiknya Anda ketahui betul bagaimana cara merawat mouse jenis wireless tersebut. Kali ini pitujuh.com akan mengulas tentang tips merawat mouse wireless agar awet yang bisa Anda terapkan berikut.

Berikut 7 Tips Merawat Mouse Wireless Agar Awet

Sangat penting untuk merawat mouse wireless, tidak lain tujuannya untuk membuatnya tetap awet dan nyaman digunakan. Akan tetapi, bagi pengguna awam mungkin kurang tahu bagaimana cara merawat mouse wireless yang baik dan benar.

Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini kami sudah merangkum beberapa tips merawat mouse nirkabel untuk Anda.

Berikut ini tips merawat mouse wireless agar tahan lama, yakni:

1. Mematikan Mouse Saat Tidak Dipakai

Mematikan Mouse Wireless Saat Tidak Di Gunakan

Tidak mungkin mouse digunakan selama 24 jam penuh, pasti ada jeda waktunya. Dan jika kondisi mouse tidak sedang digunakan, sebaiknya Anda matikan saja mouse tersebut. Caranya tinggal menggeser tombol Switch ke posisi OFF.

Selain bisa menghemat umur mouse, cara ini sedikit banyaknya juga bisa menghemat daya baterai dari mouse. Seperti yang kita tahu, mouse wireless menggunakan baterai sebagai sumber dayanya.

2. Membersihkan Mouse Secara Rutin

Membersihkan Mouse Secara Rutin Agar Awet

Menjaga mouse agar terhindar dari debu dan kotoran juga menjadi salah satu langkah untuk merawat mouse wireless tersebut. Bersihkan bodi luar mouse yang kotor menggunakan kain microfiber atau tisu basah agar lebih mudah.

Segera keringkan mouse menggunakan kain yang lembut, misalnya kain microfiber atau menggunakan tisu kering.

Untuk bagian optik mouse wireless juga penting untuk dijaga kebersihan-nya. Karena optik yang bersih akan meningkatkan responsive mouse saat digunakan.

Caranya dengan menggunakan cotton bud untuk mengangkat debu yang menempel di sana. Lakukan secara perlahan dan jangan terlalu menekan-nya untuk menghindari kerusakan ada optik.

3. Gunakan Mouse Pad yang Halus dan Bersih

Gunakan Mouse Pad Yang Halus Dan Bersih

Mouse pad berfungsi untuk meningkatkan responsivitas mouse saat digunakan. Mouse pad sendiri juga punya pengaruh penting terhadap umur mouse. Pemilihan mouse pad yang salah, sedikit banyaknya bisa meningkatkan risiko kerusakan pada mouse wireless.

Sebaiknya Anda gunakan mouse pad yang bersih dan bertekstur halus di bagian permukaannya. Hal ini juga akan membuat mouse menjadi lebih awet dan nyaman saat digunakan.

4. Gunakan Baterai yang Tepat

Gunakan Baterai Yang Tepat

Baterai merupakan sumber daya utama bagi mouse berjenis wireless. Baterai ini juga menjadi pengaruh penting dalam kenyamanan saat menggunakan mouse.

Baterai dengan besar daya yang tepat akan memaksimalkan fungsi dari mouse wireless tersebut. Karena itulah, ketahui jenis baterai yang cocok dan disarankan untuk mouse wireless Anda.

Pemilihan baterai yang kurang tepat, selain membuat mouse kurang nyaman digunakan juga bisa membuatnya sangat boros. Tidak butuh waktu lama baterai harus diganti dengan yang baru karena sudah tidak berfungsi lagi.

Kejadian ini sangat tidak menyenangkan, jika ketika Anda menggunakan mouse Anda untuk bekerja atau main game tiba-tiba mati. Setelah di cek ternyata karena daya pada baterai habis.

Untuk itu, gunakan baterai yang bagus, seperti baterai merk Alkaline yang sudah terbukti performa-nya.

5. Hindari Mouse Terjatuh

Hindari Mouse Terjatuh

Risiko mouse terjatuh memang lebih besar dialami oleh mouse wireless dibandingkan dengan mouse kabel. Pasalnya mouse kabel masih ada kabel yang bisa mencegah mouse terjatuh.

Sementara untuk mouse wireless tidak ada kabel sama sekali, sehingga risiko terjatuh lebih memungkinkan. Untuk menghindarinya, sebaiknya berikan penghalang di sekitar meja untuk menghindari mouse terjatuh.

Jika terlanjur terjatuh, kemungkinan hal ini akan merusakkan komponen bagian dalam mouse sehingga membuatnya rusak.

6. Hindari Cairan Masuk ke Komponen dalam Mouse

Hindari Cairan Masuk Ke Dalam Komponen Mouse

Cairan apapun itu bisa merusak mouse jika berhasil masuk ke komponen dalamnya. Baik itu cairan yang kental ataupun yang sangat cair, semuanya bisa merusak mouse jika berhasil masuk.

Untuk menghindari risiko tersebut, sebaiknya Anda jauhkan berbagai benda cair dari samping mouse. Kita tidak tahu hal apa yang akan terjadi selanjutnya jika kita tidak waspada sejak awal.

Mungkin karena hal tertentu membuat benda cair di sekitar mouse tertumpah dan mengenai bodi atau bahkan masuk ke dalam komponen mouse. Hal ini tentu akan memperbesar risiko mouse wireless rusak.

7. Menggunakan Spray Duster Kaleng

Bersihkan Mouse Dengan Spray Duster

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, membersihkan mouse dari debu dan kotoran sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Namun, terkadang debu dan kotoran tersebut masuk ke sela-sela sempit pada bodi mouse sehingga sulit untuk dibersihkan dengan kain atau tisu.

Untuk masalah ini Anda bisa menggunakan spray duster kaleng untuk membersihkan debu di sela-sela yang sulit di jangkau pada mouse tersebut.

Baca juga : Mouse Nirkabel Murah

Mouse sangat penting untuk membantu aktivitas Anda di komputer, untuk itu rawatlah mouse Anda dengan tips-tips di atas agar mouse wireless Anda awet.

Demikian ulasan mengenai beberapa tips cara merawat mouse wireless supaya tetap awet dan nyaman dipakai. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *